Dampak pandemi terhadap tingkat stress dan pembelajaran daring mahasiswa FKIP MIPA Universitas Mulawarman
The impact of the pandemic on stress levels and online learning for FKIP MIPA students, Mulawarman University
DOI:
https://doi.org/10.30872/msgk.v2i1.753Keywords:
Pembelajaran daring, Pandemi, Stress AkademikAbstract
Pembelajaran secara daring diimplementasikan dengan beragam cara untuk mengantisipasi virus Covid-19. Banyak dari dosen yang menerapkan metode pemberian tugas secara daring bagi para mahasiswa. Dampak dari perubahan sistem pembelajaran ini berisiko mengakibatkan munculnya masalah kesehatan mental bagi mahasiswa. Oleh karena itu, dibuatlah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kondisi mental mahasiswa, khususnya di FKIP MIPA Universitas Mulawarman selama masa pandemi Covid-19 ini. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian deksriptif dengan menyebarkan kuesioner menggunakan media Google Form untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan selama pandemi ini mempengaruhi stress akademik selama pandemi Covid-19. Pembelajaran daring tidak cukup efektif untuk dilakukan karena banyak nya kendala-kendala yang terjadi salah satunya seperti susahnya jaringan. Selain itu pemberian tugas yang berlebihan terhadap mahasiswa membuat tingkat stres pun meningkat.
Downloads
References
Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113-123. http://dx.doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656
Jannah, R., & Santoso, H. (2021). Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130-146. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.638