Dampak pandemi terhadap tingkat stress dan pembelajaran daring mahasiswa FKIP MIPA Universitas Mulawarman

The impact of the pandemic on stress levels and online learning for FKIP MIPA students, Mulawarman University

  • Adea Oktavia Universitas Mulawarman
  • Aulia Nurlitasari Universitas Mulawarman
  • Dyah Andini Puspasari Universitas Mulawarman
  • Erlita Kartika Dewi Universitas Mulawarman
  • Rizqi Amalia Adriani Universitas Mulawarman
  • Yaskinul Anwar Universitas Mulawarman
Keywords: Pembelajaran daring, Pandemi, Stress Akademik

Abstract

Pembelajaran secara daring diimplementasikan dengan beragam cara untuk mengantisipasi virus Covid-19. Banyak dari dosen yang menerapkan metode pemberian tugas secara daring bagi para mahasiswa. Dampak dari perubahan sistem pembelajaran ini berisiko mengakibatkan munculnya masalah kesehatan mental bagi mahasiswa. Oleh karena itu, dibuatlah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kondisi mental mahasiswa, khususnya di FKIP MIPA Universitas Mulawarman selama masa pandemi Covid-19 ini. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian deksriptif dengan menyebarkan kuesioner menggunakan media Google Form untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan selama pandemi ini mempengaruhi stress akademik selama pandemi Covid-19. Pembelajaran daring tidak cukup efektif untuk dilakukan karena banyak nya kendala-kendala yang terjadi salah satunya seperti susahnya jaringan. Selain itu pemberian tugas yang berlebihan terhadap mahasiswa membuat tingkat stres pun meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiarna, F. & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Psikologi, 16 (2), 139-149. http://dx.doi.org/10.24014/ jp.v14i2.9221

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113-123. http://dx.doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656

Jannah, R., & Santoso, H. (2021). Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130-146. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.638
Published
2021-12-17