Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan komunikasi terhadap keterampilan berpikir kritis Fisika peserta didik SMA Negeri 3 Bone

The effect of problem-based learning and communication skills on physics critical thinking skills of 3 Bone Senior High Scholl students

  • Susi Susi Universitas Negeri Makassar
  • M Arsyad Universitas Negeri Makassar
  • Khaeruddin Khaeruddin Universitas Negeri Makassar
Keywords: pembelajaran berbasis masalah, kemampuan komunikasi, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh variabel-variabel yang diteliti dengan menggunakan desain faktorial 2 × 2. Penelitian ini melibatkan 2 (dua) kelas yaitu kelas eksperimen (treatment) dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan treatment dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) sedangkan kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 3, MIPA 4, MIPA 5, dan MIPA 6 di SMA Negeri 3 Bone dengan jumlah peserta didik sebanyak 38 orang untuk kelas eksperimen dan 38 orang untuk kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan sebanyak 7 (tujuh) kali pertemuan pada materi Momentum dan Getaran Harmonik Sederhana. Instrumen soal yang dibuat kemudian diuji validitasnya dengan menggunakan indeks kesepakatan pakar Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes kemampuan komunikasi dan instrumen tes keterampilan berpikir kritis memperoleh nilai koefisien validitas isi di atas 0,4 yang berarti dikatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, keterampilan berpikir kritis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dimana Fhitung yang diperoleh sebesar 34,37 ≥ F tabel sebesar 3,98. Selain itu, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan komunikasi terhadap keterampilan berpikir kritis fisika peserta didik dimana kurva antara kemampuan komunikasi tinggi dan kemampuan komunikasi rendah saling berpotongan yang berarti bahwa pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. 2008. Learning to teach (Belajar Untuk Mengajar) Edisi Ketujuh Ahli Bahasa oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ayuninggrum, Diah, & Sri, M., E. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Universitas Negeri Semarang.
Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Beyer, B. K. 2008. What research tells us about teaching thinking skills. The Social Studies, 99(5), 223-232.
Clifton, G. 2012. Supporting the development of critical thinking: Lessons for widening participation. Widening Participation and Lifelong Learning, 14(2),29-39.
Dredge, B., & Croswhite. 1986. Communication without speech a guide to parent and proffesionals. Australia: Victoria, Commonwealth School Commission.
Effendy, O. U. 2006. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: Penerbit Remaja Rosda Karya.
Ennis, R. H. 1996. A concept of critical thinking. Harvard educational review.
Khaeruddin. 2017. Model Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Disertasi. Makassar: Pusaka Almaida.
Mainali, B. P. 2011. Critical thinking for quality education. Academic Voices: A Multidisciplinary Journal, 1, 6-12.
Noor, F., & Ranti, M. G. 2019. Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 53(9).
Nurlaila, N., Suparmi, & Sunarno, W. 2013. Pembelajaran Fisika dengan PBL Menggunakan Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri, II(2), 114-123.
Rudinow, J., & Barry, V. E. 2008. Invitation to critical thinking. Cengage Learning.
Sani, R. A., Arafah, K., Azis, I., Tanjung, R., & Suswanto, H. 2020. Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sulardi, Nur, M., & Widodo, W. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) untuk melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, V(1), 802-810.
Tawil, M. 2013. Model Pembelajaran Sains Berbasis Portofolio Disertai dengan Asesmen. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Yoswita, Dewi, F. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. Lampung: Universitas Lampung.
Published
2021-12-17