Analisis respon siswa sekolah menengah dalam pembelajaran fisika menggunakan google classroom: studi kasus di Muara Wahau

Analysis of High School student response in physics learning with google classroom: a case study in Muara Wahau

Authors

  • Florensia Ria Paulina Sinaga Universitas Mulawarman
  • Nurul Fitriyah Sulaeman Universitas Mulawarman
  • Shelly Efwinda Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/msgk.v2i1.749

Keywords:

Respon Siswa, Google Classroom, Pembelajaran Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran fisika di SMA Muara Wahau dan SMK Muara Wahau Kalimantan Timur yang berlangsung selama pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 menuntut semua aspek kehidupan untuk beradaptasi, termasuk dalam bidang pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan instrumen angket melalui Google form dan wawancara yang dilakukan menggunakan telepon. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel untuk angket pada penelitian ini adalah siswa SMA sebanyak 23 siswa dan 36 siswa SMK. Sampel wawancara akan di ambil 1 siswa dari masing-masing kategori hasil angket untuk memperjelas alasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa SMA terhadap penggunaan Google Classroom pada pembelajaran fisika secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 65%. Respon siswa SMK secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik
dengan persentase sebesar 56%. Penggunaan media pembelajaran berbasis Google Classroom merupakan salah satu alternatif penggunaan media pembelajaran jarak jauh yang disebabkan oleh pandemi COVID-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di
Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia
Melania, E. P. (2020). Update 10 April: Pembelajaran Daring Apakah Efektif Untuk
Indonesia. Download. Kompas. Com. Retrieved from
https://muda.kompas.id/kategori/blog-muda/kata-muda/
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di
Masa Pandemi Covid-19. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah guru, 5 (1), 42-48.
Rani, M. A. (2020). Analisis Respon Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran
Berbasis Google Classroom Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Sukabumi:
Universitas Pendidikan Indonesia Permata, A., dan Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan
Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa
Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, Vol. 4, No.1,
27-33.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Bandung: PT. Alfabeta.
Viswanath, V., dan Davis, F. D. (2000). A Theoretical Extension of the Technology
Acceptance Model : Four Longitudinal Field Studies Authors. Management Science,
46(2), 186-204
World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19 )Situation
Report-71.https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situationreports/20200331-sitrep-71-covid-19.pdf?sfvrsn=4360e92b_8

Published

2021-12-17