Pengaruh metakognisi dan kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA Negeri 1 Pinang
The influence of metacognition and creativity on the physics problem solving ability of 1 Pinrang Senior High School students
DOI:
https://doi.org/10.30872/msgk.v2i1.748Keywords:
Metakognisi, Kreativitas, Pemecahan Masalah FisikaAbstract
Telah dilakukan penelitian pengaruh metakognisi dan kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA Negeri 1 Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan metakognisi, kreativitas, dan kemampuan pemecahan masalah fisika; (2) menganalisis pengaruh metakognisi terhadap pemecahan masalah fisika; (3) menganalisis pengaruh kreativitas terhadap pemecahan masalah fisika; (4) menganalisis pengaruh metakognisi terhadap kreativitas peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pinrang. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri di 1 Pinrang pada tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu angket metakognisi, tes kreativitas, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis jalur dengan bantuan IBM SPSS Versi 26. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa metakognisi peserta didik XI SMA Negeri 1 Pinrang Tahun Pelajaran 2020/2021 berada pada kategori tinggi, kreativitas berada pada kategori sedang, sedangkan kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa metakognisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas, metakognisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemecahan masalah fisika, dan kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemecahan masalah fisika
Downloads
References
2. Metakognisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas.
3. Metakognisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemecahan masalah fisika.
4. Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemecahan masalah fisika
DAFTAR PUSTAKA
Abdellah, R. 2015. Metacognitive awareness and its relation to academic achievement and teaching performance of pre-service female teachers in ajman University in UAE. Procedia Social and Behavioral Sciences , 560-567.
Abdullah, F. A. 2006. The patterns of physics problem-solving from the perspective of matacognition. Cambridge: Murray Edwards College Faculty of Education.
Ali, M., Talib, C. A., & Ibrahim, N. H. 2016. The importance of monitoring skills in physics problem solving. European Journal of Education Studies , 1 (3).
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2014. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Arsyad, N. 2016. Model Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.
Balta, N., & Singh, C. 2016. Surveying Turkish high school and university students’ attitudes and approaches to physics problem solving. Physical Review Physics Education Research , 12 (1), 2469-9896.
Chairani, Z. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Metematika. Yogyakarta: Grup Penerbit CV BUDI UTAMA.
Davidson, J. E., Deuser, R., & Stemberg, R. J. 1994. The role of metacognition in problem solving. In J. Metcalfe & A.P. Shimamura (eds.), Metakognition : knowing about knowing (pp.207-226). Cambridge: Mass.: MIT Press.
Djupanda, H., Kendek, Y., & Darmadi, I. W. 2015. Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako , 3 (2), 3-8.
Ellis, A. K., Denton, D. W., & Bond, J. B. 2014. An analysis of research on metacognitive teaching strategies. Social and Behavioral Sciences , 4015 - 4024.
Fatimah, S. 2012. Kontribusi IQ (Intelligence Quotient) dan EQ (Emotional Quotient) terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret .
Fernandez, M. L., Hadaway, N., & Wilson, J. W. 1994. Problem solving: managing it all. The Mathematics Teacher , 87 (3), 195-199.
Fitriyanto, S. 2016. Peran Metakognisi untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan .
Gok, T. 2010. The general assessment of problem solving processes and metacognition in physics education. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education , 2 (2), 110-122.
Hadi, S., & Radiyatul. 2014. Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika , II (1), 53-61.
Haeruddin, Prasetyo, Z. K., & Supahar. 2020. The development of a metacognition instrument for college students to solve physics problems. International Journal of Instruction , 13 (1), 767-782.
Hammond, L. D., Austin, K., Cheung, M., & Martin, D. 2003. Thinking about thinking: Metacognition. Stanford University School of Education.
Ihsan, M. 2016. Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , 4 (2), 129-140.
Kadir. 2019. Statistika Terapan. Depok: Rajawali Pers.
Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo persada.
Koch, A. 2001. Training in metacognition and comprehension of physics texts. Science Education , 85 (6), 758-768.
Kusuma, D. 2019. Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau dari Metakognisi Siswa pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Resitasi dan Self Assesment Bernuansa Etnomatematika. Tesis UNNES .
Lizarraga, M. L., & Sanz, M. T. 2013. How creative potential is related to metacognition. European Journal of Education and Psychology , 6, 69-81.
McAuliffe, M. 2016. The potential benefits of divergent thinking and metacognitive skills in STEAM learning: A discussion paper. International Journal of Innovation, Creativity and Change , 2 (3).
McGregor. 2007. Developing thinking developing learning. Open University Press , 6.
Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Neto, A. J., & Valente, M. O. 1997. Problem solving in physics: Toward a synergetic metacognitively developed approach. Paper presented at the annual meeting of the National Association for Research in Science Teaching .
Nickerson, R. P., & Smith, E. 1985. The teaching of thinking. Hillsade: NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Nuzliah. 2015. Kontribusi Motivasi Belajar, Kreativitas terhadap Problem Solving (Pemecahan Masalah) Siswa dalam Belajar Serta Implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling Di SMPN 29 Padang. Jurnal Edukasi , 1 (2).
OECD. 2018. PISA result in focus. Paris: PISA-OECD Publishing.
Permendiknas. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Polya, G. 1957. How to solve it. Second edition (Second Edition ed.). New York: Princeton University Press.
Puryear, J. S. 2014. Inside the creative sifter: recognizing metacognition in creativity development. Journal of Creativity Behavior , 50 (4), 321-332.
Retnawati, H. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Varibel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rofiah, E. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Fisika , 1 (2), 17.
Sandjojo, N. 2011. Metode Analisis Jalur dan Aplikasinya. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Schoenfeld, H. 1985. Mathematical problem solving. San Diego: Academic Press.
Schraw, G., & Dennison, R. S. 1994. Assessing metacognitive awareness. Contemporary Educational Psychology , 19, 460-475.
Semiawan, C. 2009. Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa dan Bagaimana. Jakarta: PT Indeks.
Siswono, T. Y. 2011. Level student’s creative thinking in classroom. Academic Journal , 6 (7), 548-553.
Slavin, R. E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.
Sperling, R. A., Howard, B. C., Miller, L. A., & Murphy, C. 2002. Measures of children’s knowledge and regulation of cognition. Contemporary Educational Psychology , 27 (1), 51-79.
Starko, A. J. 2005. Creativity in the classroom. New York and London: Routledge.
Subali, B. 2013. Kemampuan Berpikir Pola Divergen dan Berpikir Kreatif. Yogyakarta: UNY Press.
Sudjana, N. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sujarwanto, E., Hidayat, A., & Wartono. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia , 3 (1), 65-78.
Supriadi, D. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. 2006. Psikologi Belajar. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Syahbrudin, J., & Anggraini, A. 2019. Improving the problem solving skill through metacognitive strategies assisted by student worksheets. Journal of Educational Science and Technology , 5, 253-259.
Taasoobshirazi, G., Bailey, M., & Farley, J. 2015. Physics metacognition inventory part II: Confirmatory factor analysis and rasch analysis. International Journal of Science Education , 1464-5289.
Tanner, K. D. 2012. Promoting student metacognition. Life Sciences Education , 11, 113-120.
Tiro, M. A. 2014. Analisis Jalur. Makassar: Adira Publisher.
Tobias, S., & Everson, H. 2000. Assessing metacognitive knowledge monitoring. Licoln: Buros Institute of Mental Measurements.
Wahyuddin. 2016. Pengaruh Metakognisi, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo. Jurnal Daya Matematis , 4 (1).
Wardhani, S. 2005. Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Jogyakarta: PPPG Matematika.
Young, H. D., Freedman, R. A., & Ford, A. L. 2012. Sears and Zemansky's university physics : with modern physics. 13TH edition. San Fransisco: Jim Smith.
Zhao, N., Wardeska, J. G., McGuire, S. Y., & Cook, E. 2014. Metacognition: An effective tool to promote success in college science learning. Journal of College Science Teaching , 43 (4), 48-54.