Pengembangan modul kuliah berbasis STEM untuk melatih keterampilan berpikir kreatif mahasiswa

Development of STEM-based lecture module to train students' creative thinking skills

  • Muhajir Muhajir Universitas Negeri Makassar
  • Helmi Helmi Universitas Negeri Makassar
  • Kaharuddin Arafah Universitas Negeri Makassar
Keywords: STEM, Kreatif, Aikom

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil pengembangan modul kuliah berbasis STEM yang valid. menganalisis respon mahasiswa terhadap pengembangan modul kuliah, dan menganalisis efektivitas modul kuliah berbasis STEM untuk melihat kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini diuji coba di Akademi Ilmu Komputer Fakultas Teknik Semester II dengan jumlah responden 30 mahasiswa. Pembelajaran fisika berbasis STEM ini dilakukan sebanyak 7 (tujuh) kali pertemuan pada materi osilasi,gelombang dan gelombang bunyi. Kegiatan pembelajaran mengandung 4 (empat) unsur yaitu science, technology, engineering and mathematics. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang terdiri atas analysis, design, development, implementation dan evaluation. Model ADDIE merupakan prosedur pengembangan yang dilakukan dengan menghasilkan sebuah produk pembelajaran fisika berbasis STEM. Produk yang dimaksudkan adalah dengan menghasilkan sebuah langkah-langkah modul kuliah fisika berbasis STEM. Langkah- langkah tersebut dituangkan dimasukkan dalam modul kuliah yang harus divalidasi dan siap digunakan dosen dalam melakukan pembelajaran sehingga membuat mahasiswa dapat berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan modul kuliah fisika berbasis STEM praktis, hal ini dilihat dari hasil respon mahasiswa baik  dan respon dosen yang berada pada kategori sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan modul kuliah berbasis STEM dikatakan efektif dan dapat membuat mahasiswa berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiyanti, Y., 2008. Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) Sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. J. Keperawatan Indones. 12, 58–62.
Alam. 2012. Pengaruh Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Search, Solve, Create, and Share (Sscs) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Lampung.
Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. 2019. Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal "Beduk" untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7 (1), 1-10.
Asmuniv. 2015. Pendekatan Terpadu Pendidikan Stem Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner Dalam Menyongsong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) .
Aprilia, A. 2018. Pengembangan Modul Ajar POP UP Berbasis Berpikir Kreatif Pada mata Pelajaran Biologi Peserta Didik Kelas VII di Tingkat SMP/MTS/Sederajat. UIN.
Becker. 2011. Effect Of Integrative Approaches Among Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem)Subjects On Students Learning: A Prelemary Meta-Analysis. Journal Of Stem Education: Innovations And Research,, 12(5/6), 23.
Clark. & Mayer. 2011. E-Learning and The Science Of Instruction: Proven Guidelines For Consumer and Designers Of Multimedia Learning (3 Edition). San Fransico: Pfeiffer.
Edi, J. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Kimia SMA. Tesis, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Medan.
Handayani. 2011. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem).
Published
2021-12-17