Membangun kreativitas mahasiswa dalam upaya meningkatkan kearifan lokal dalam bidang Geografi

Building student creativity in efforts to increase local wisdom in the field of Geography

  • Edwardus Iwantri Goma Universitas Mulawarman
  • Muhammad Maulana Universitas Mulawarman
  • Oriza Salipadang Universitas Mulawarman
  • Supiyanti Asari Universitas Mulawarman
  • Kolistidi Bakang Beoang Universitas Mulawarman
  • Vivi Angreni Manda Universitas Mulawarman
  • Achmad Fauzan Salindo Universitas Mulawarman
Keywords: Membangun Kreativitas, Mahasiswa, Bidang Geografi

Abstract

Dalam pembelajaran menulis, mahasiswa sering menemukan kendala dalam membangun kreativitas menulisnya.  Pembelajaran  yang  dilakukan  juga  terkesan  lebih  menonton pada   minimnya pemanfaatan media pembelajaran yang sifatnya merangsang minat dan motivasi siswa dalam menulis. Padahal fungsimedtulia pembelajaran ini sangat membantu mahasiswa dalam membelajarkan kompetensi kebahasaan yang dipelajari, terutama menulis. Disamping itu, mahasiswa yang sudah pandai dalam  menulis juga sering sulit untuk memulai tulisan yang akan ditulisnya. Hal ini sangat menuntut mahasiswa terkhusus mahasiswa bidang geografi  untuk memunculkan kreativitas menulisnya dan menuangkan ide-ide yang akan menjadi tulisan tersebut. Dalam hal ini, media sangat berperan dalam membantu mahasiswa untuk memunculkan ide yang akan  ditulis.  selain  itu,  media  ini  juga  dapat  membangun  kreativitas  mahasiswa  dalam mengembangkan tulisan dengan mengombinasi pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut. Media-media pembelajaran yang inovatif akan sangat membantu siswa untuk mengkonstuksi ulang pengetahuan yang ada dalam pikiran mahasiswa untuk membentuk pemikiran menjadi lebih unik dan variatif dalam tulisan yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andheska, H. (2016). Membangun Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal BAHASTRA, 36(01), 56-57. https://www.researchgate.net/publication/320378498_MEMBANGUN_KREATIVITAS_SISWA_DALAM_PEMBELAJARAN_MENULIS_DENGAN_MEMANFAATKAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_INOVATIF diakses pada tanggal 10 September 2021
Yuwanamu, I .(2015). Program Melestarikan dan Mengembangkan Kearifan Lokal Dalam Upaya Menyelesaikan Permasalahan Sosial dan Budaya . https://www.researchgate.net/publication/339527794_Program_Melestarikan_dan_Mengembangkan_Kearifan_Lokal_Dalam_Upaya_Menyelesaikan_Permasalahan_Sosial-Budaya diakses pada tanggal 10 September 2021.
Published
2021-12-17
Section
Articles