Problematika pembelajaran daring bagi para orangtua

The problems of online learning for parents

  • Yaskinul Anwar Universitas Mulawarman
  • Azyan Fatthony Universitas Mulawarman
  • Dewi Adni Safitri Universitas Mulawarman
  • Sahrah Sahrah Universitas Mulawarman
  • Tri Retno Hijriani Universitas Mulawarman
  • Samsul Alam Universitas Mulawarman
Keywords: Problematika, Pembelajaran daring, Orangtua, Covid-19

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di tingkat SD Kabupaten Berau, yang melakukan proses pembelajaran daring dalam kegiatan belajar mengajarnya dengan tujuan untuk problematika pembelajaran daring bagi para orangtua murid di masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling dengan metode Kuesioner yang dimana penelitian ini dilakukan secara online melalui Google Form. Subjek dalam penelitian ini adalah orangtua siswa/siswi SD Kabupaten Berau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 memiliki beragam problematika yang dialami orangtua. Permasalahan dari orangtua berupa terbebani dengan materi pembelajaran dan tugas yang diberikan, keterbatasan waktu dalam mendampingi anaknya di saat pembelajaran daring, dan orantua yang merasa tidak terbebani dengan pembelajaran daring anaknya. Beragam permasalahan tersebut dapat diatasi dengan adanya pengawasan intensif dengan melibatkan peran orangtua, adanya kerjasama antara guru,siswa dan orang tua, dan memberikan penugasan secara manual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar,yaskinul; Setyasih,Iya; Ningrum, mei vita romadon (2021) Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur. Edited by I. Anwar, yaskinul;. setyasih. Malang: Media Nusa creative.

Basir, Khadijah, St. 2021. Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Pada Era Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah. Makassar.

Handarini, Ika Oktafia dan Siti Sri Wulandari. 2020. Pembelajaran daring sebagai upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8 no 3.

Khasanah, Musmirotun. 2021. Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Diponegoro 1 Kutawis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam. Purwokerto.

Mukhsin, Raudhah dkk. 2017. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Tahan Hidup Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kelompok Pengolahan Hasil Perikanan Di Kota Makassar. Jurnal Analisis. 6 no 2, 188 – 193.

Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah dkk. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia. 10 no 1.

Published
2021-12-17
Section
Articles