Penerapan mitigasi bencana banjir di Samarinda berbasis sekolah

Implementation of school-based flood disaster mitigation in Samarinda

  • Jani Sihite Universitas Mulawarman
  • Rusdiana Rusdiana Universitas Mulawarman
  • Nurul Aini Universitas Mulawarman
  • Mawar Ranju Universitas Mulawarman
  • Yaskinul Anwar Universitas Mulawarman
  • Iya’ Setyasih Universitas Mulawarman
Keywords: Masalah Banjir dan Penerapan Mitigasi Banjir di Sekolah Samarinda

Abstract

Peneliti bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penerapan mitigasi bencana ditengah masyarakat melalui pembelajaran dan sosialisasi mitigasi yang di dapatkan di bangku persekolahan. Penelitian ini adalah penelitian Deskriftif dengan pendekatan kualitatif menggunakan instrumen. Populasi penelitian ini adalah 20 orang siswa-siswi sekolah yang berbeda di Samarinda. Dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner dan menggunakan purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan kriteria tertentu dan angket dengan sampel yang dipilih adalah keseluruhan populasi sebanyak 20 orang Siswa. Penelitian ini menggunakan rumusan masalah: Peneliti bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penerapan mitigasi bencana ditengah masyarakat melalui pembelajaran dan sosialisasi mitigasi yang di dapatkan di bangku persekolahan serta respon terhadap bencana. Banjir merupakan salah satu bencana alam yang datang dan tidak dapat dicegah. Karena itu perlu diupayakan pengendalian, penanggulangiannya serta dikurangi dampak kerugian yang diakibatkannya. Upaya-upaya tersebut dikenal dengan mitigasi. Banjir yang terbesar sering terjadi di beberapa kota Samarinda diantaranya kawasan Sempaja, Jl Pramuka, Jl DI Panjaitan, Temindung, Vorvo, Jl Lambung Mangkurat, Jl Awang Long, Air Hitam, Air Putih (Karang Asam Kecil), dan kawasan Karang Asam Besar. Kondisi sungai yang semakin sempit, tumpukan sampah, terjadi penumpukkan lumpur-lumpur kering bekas banjir fenomena yang dapat ditemukan di kota Samarinda. Kondisi tersebut memerlukan perhatian oleh pihak pemerintah dan keterlibatan warga masyarakat dan juga sekolah. Penerapan mitigasi banjir disekolah memiliki peran yang sangat penting diakibatkan masyarakat tinggal di tempat rawan bencana banjir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar masyarakat belum mengetahui bagaimana seharusnya upaya mitigasi bencana apabila terjadi banjir yang ditunjukkan dengan pola perilaku yang kurang peduli dan tidak memahami secara benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Y., Ningrum, M. V. R. and Setyasih, I. (2022) ‘Dampak Bencana Banjir Terhadap Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda’, JPG (Jurnal endidikan Geografi), 9(1), pp. 40–48. doi: 10.20527/jpg.v9i1.12457.

Budiarti, Wiwin , dkk (2017). “Upaya Mitigasi Banjir di sub DAS Samin melalui Pengembangan Masyarakat Tangguh Bencana’’. Jurnal Teknologi Lingkungan. Volume 18 Nomor 2 Juli 2017. Juli 2017.

Converve Energy Future. 2020. Manfaat Penghijaun Bagi Lingkungan Hidup. http://greenhouseneutralfoundation.org/5-manfaat-penghijauan-bagi-lingkungan-hidup/

Indriyanto, Bambang. 2012. “Pengembangan Kurikulum Sebagai Intervensi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan”. Jurnal Pendidikan Kebudayaan, Vol. 18, No. 4 Desember 2012: hal 440-452.

Ningrum , Ayu Sekar (2020). “Strategi Penanganan Banjir berbasis Mitigasi Bencana Pada Kawasan Rawan Bencana Banjir di daerah Aliran Sungai’’. Geography Science Education Journal (GEOSEE). Volume 1 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2020. 04 Mei 2020.

Santoso, Slamet (2010). Teori-teori Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Santoso , Dian Hudawan (2019). “Penanggulangan Bencana Banjir berdasarkan Tingkat Kerentanan dengan Metode Ecodrainage pada Ekosistem Karst’’. Jurnal Geografi UNNES. Desember 2018.

Saputra , Nanda Galih , dkk (2021). “Strategi Penanggulangan Bencana Banjir Kabupaten Karawang’’. Jurnal Ilmiah ilmu Administrasi Negara. Volume 8 Nomor 1 bulan April Tahun 2021. April 2021.

Santoso,k.A.(2020 , januari 14), harianbhirawa. Retrieved September 18,2021, from Mitigasi Bencana Banjir Berbasis sekolah : Harianbhirawa/mitigasi-bencana –banjir-berbasis-sekolah.

Vita, M. et al. (2020) ‘Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Developing Geography Teaching Materials based on Character Education Focusing on Disaster Mitigation and Adaption Topic’, 1, pp. 84–93.

Published
2021-12-17
Section
Articles