Analisis dampak pandemi COVID-19 terhadap pendapatan pedagang di kawasan Citra Niaga, Samarinda, Kalimantan Timur

Analysis of the COVID-19 pandemic impact on the income of traders in the Citra Niaga area, Samarinda, East Kalimantan

  • Edwardus Iwantri Goma Universitas Mulawarman
  • Frisca Marindayanti Universitas Mulawarman
  • Dewi Adni Safitri Universitas Mulawarman
  • Sahrah Sahrah Universitas Mulawarman
  • Tri Retno Hijriani Universitas Mulawarman
  • Samsul Alam Universitas Mulawarman
  • Jani Sihite Universitas Mulawarman
  • Rachmad Ardiansyah Universitas Mulawarman
Keywords: Covid-19, Ekonomi, Pendapatan

Abstract

Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia selama kurang lebih satu tahun. Penyebaran virus yang begitu cepat mengakibatkan terjadinya permasalahan ekonomi dalam berbagai bidang kehidupan dan terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia. Kawasan Citra Niaga merupakan salah satu pusat perbelanjaan dan arena promosi di Kota Samarinda, Kalimantan Timur yang terdampak pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap pendapatan pedagang di kawasan Citra Niaga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data berupa wawancara langsung kepada pedagang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan responden sebanyak 5 orang pedagang di kawasan Citra Niaga. Pengolahan data hasil wawancara menggunakan analisis deskriptif berupa penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pandemi Covid-19, pendapatan pedagang di kawasan Citra Niaga mengalami penurunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gani, Irwan. (2021). Dampak pandemi covid 19 terhadap sektor usaha di kalimantan timur..inovasi, 17(1), 1-9. From jurnal.feb.unmul.ac.id
Sayuti, Rosiady Husaenie dan Siti Aisyah. Dampak pandemik covid 19 terhadap ekonomi masyarakat di Nusa Tenggara Barat. Resiprokal, 2, No 2, 133-150.
Pertiwi, Mia Savitri dkk. Pengaruh COVID 19 terhadap perekonomian masyarakat di Desa Tegalmlati Kacamatan Petarukan. psikologi.
Wahidah, Idah dkk. Pandemik covid 19: Analisis Perencanan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. jurnal manajemen dan organisasi (JMO), 11 no 3, 179-188.
Published
2021-12-17