Pengembangan LKPD berbasis PBL dengan liveworhseet pada pokok bahasan termokimia di SMA/MA Pontianak
Keywords:
ADDIE, problem based learning, web liveworsheetAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan serta respon pengajar terhadap lembar kerja peserta didik berbasis PBLPenelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau R & D (research & development), dengan menggunakan model Analysis, Desain, Development, Implementation (ADDIE). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung yang dilakukan dengan memberikan kuesioner melalaui surat elektronik. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan dan angket respon guru dan analisis data menggunakan skala likert. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dinilai oleh tiga ahli yaitu tiga ahli materi, tiga ahli media serta tiga ahli bahasa. Kelayakan materi diperoleh rata-rata 97,22% dengan kriteria “Sangat Layak”, kelayakan media diperoleh rata-rata 98,22% dengan kriteria” Sangat Layak”, serta kelayakan bahasa diperoleh rata-rata 95,83% dengan kriteria “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil respon guru terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis PBLdiperoleh 89% dengan kriteria “Sangat Baik”. sesuai hasil penelitian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis PBL pada materi termokimia dinyatakan layak diujicobakan dalam pembelajaran termokimia