Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan science process skills pada materi stoikiometri
Keywords:
pembelajaran inkuiri, keterampilan proses sains, penguasaan konsep, stoikiometriAbstract
Konteks mahasiswa teacher college (TC) yang berasal dari berbagai daerah dan tentunya mendapatkan pembelajaran kimia yang berbeda di tingkat menengah. Pendidikan yang diterima secara tidak merata menyebabkan kemampuan pembelajaran siswa yang berbeda-beda. Tingkat perbedaan ini menghasilkan pemahaman siswa yang berbeda pula, sehingga kompetensinya di bidang kimia juga berbeda-beda. Di dalam ilmu kimia, konsep-konsep yang terdapat pada mata kuliah kimia dasar salah satunya adalah stoikiometri menjadi konsep-konsep prasyarat bagi mata kuliah lanjutan lainnya yang tentu semakin kompleks. Hal ini menuntut suatu perhatian yang serius untuk memastikan mahasiswa pada tingkat pertama dan kedua memiliki penguasaan konsep kimia dasar yang benar. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan science process skills dalam memahami konsep kimia pada materi stoikiometri. Metode penelitian yang digunakan yakni metode desain eksperimental semu dan rancangan non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes terkait keterampilan proses sains dan lembar wawancara. Subjek` penelitian adalah mahasiswa pendidikan kimia dan pendidikan biologi yang mendapatkan mata kuliah kimia umum. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan secara signifikan science process skills mahasiswa 69,07% pada kategori baik sedangkan penguasaan konsep mahasiswa 0,6 tergolong sedang. Science process skills dapat membantu memahami konsep kimia terkhusus pada materi stoikiometri dengan menggunakan sintak pembelajaran inkuiri.