Blended Learning: Inovasi dan implementasinya dalam pembelajaran kimia di masa pandemi Covid 19

  • Clara Theresia Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Indah Nur Fitriana Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Khusnul Khotimah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Sitti Habibah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Yohana Fransiska Debataraja Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Pintaka Kusumanintyas Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: blended learning, implementasi, inovasi, pembelajaran kimia

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor di dunia, termasuk sektor pendidikan yang mengalami perubahan sistem pengajaran dari pembelajaran di kelas nyata menjadi pembelajaran online. Pembelajaran online ini berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, penerapan blended learning dapat menjadi solusi untuk membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Blended learning menggabungkan konsep tatap muka dengan platform media online seperti aplikasi WhatsApp, Zoom Meeting, dan Google Meet. Artikel ini memaparkan berbagai inovasi pembelajaran berbasis blended learning yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia di masa pandemi Covid-19. Blended learning ini membuat siswa lebih aktif dan mandiri dalam belajar, sehingga sistem pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Articles