Respon siswa terhadap media pembelajaran edmodo di SMAN 2 Tenggarong pada materi struktur atom

  • Octarisma Handayani Hutagalung Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Amir Masruhim Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Sri Lestari Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: edmodo, media pembelajaran, respon siswa

Abstract

Pandemi virus corona (Covid-19) menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring  adalah SMAN 2 Tenggarong khususnya pada mata pelajaran kimia. Edmodo merupakan salah satu Media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat digunakan guru untuk menjalankan proses pembelajaran pengganti tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dalam masa pandemic covid-19 menggunakan aplikasi edmodo berbantu grup WhatsApp pada materi struktur atom. Responden dalam penelitian ini adalah 144 siswa dari Kelas X MIPA 3-X MIPA 6 Di SMAN 2 Tenggarong. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dengan menggunakan aplikasi google from dan menggunakan Skala Likert. Berdasarkan analisis data secara kuantiatif deskriptif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua pertanyaan  dalam angket respon siswa menunjukkan  kriteria baik, hal ini menunjukkan bahwa Edmodo efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada Materi Struktur Atom.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Articles