Mengatasi kesulitan siswa dalam mempelajari ikatan kimia: Penerapan model dan media pembelajaran

  • Muhammad Nasrun Mathori Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Octarisma Handayani Hutagalung Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Citra Darmayanti Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Liana Ajang Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Sukemi Sukemi Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: makroskopik, mikroskopik, miskonsepsi, simbolik, siswa

Abstract

Materi ikatan kimia tergolong materi yang sulit bagi siswa. Banyak siswa yang salah dalam memahami konsep ikatan kimia. Kesulitan belajar dan kesalahan konsep siswa pada materi ikatan kimia berdampak pada hasil belajarnya. Masalah tersebut dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran seperti direct interaction, think pair share dan round robin. Penggunaan media pembelajaran seperti media bonbbon bhon, flash, chebo collect, peta konsep juga dapat mengatasi kedua masalah siswa tersebut. Kesulitan belajar dan miskonsepsi siswa pada materi ikatan kimia dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Articles