Respon siswa terhadap penerapan model inquiry based learninginquiry based learning berbasis STEAM

  • Dika Ezati Hairina Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Farah Erika Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Abstract

Penerapan model inquiry based learning berbasis STEAM mengedepankan proses bagaimana siswa secara mandiri memperoleh pengetahuan melalui pemecahan masalah dan memiliki kemampuan untuk menggunakan pengetahuan tersebut. Sehingga diharapkan pembelajaran dapat membantu siswa untuk tidak hanya menghapal konsep, tetapi dapat memahami dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh ke dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model inquiry based learning berbasis STEAM pada materi larutan penyangga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA pada salah satu SMA Negeri di Samarinda. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 61 siswa, yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah formulir angket tertutup. Formulir angket yang diberikan terdiri dari 30 butir pernyataan yang dikembangkan dari 5 indikator, yaitu minat, motivasi, kepuasan, penilaian dan tanggapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase angket respon siswa ialah 80,8% yang terkategori sangat positif, artinya siswa memiliki ketertarikan siswa untuk terlibat dalam pengalaman belajar yang bermakna. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model inquiry based learning berbasis STEAM pada materi larutan penyangga mendapatkan respon yang sangat positif dari siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Articles