Peningkatan keterampilan argumentasi siswa pada materi termokimia dalam konteks socio scientiffic issues melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization

  • Cahya Anggita Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Yuli Hartati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: keterampilan argumentasi, kooperatif, socio scientiffic issues, team assisted individualization, termokimia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi siswa pada materi termokimia dalam konteks socio scientific issues melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah satu kelas yang terdiri dari 29 siswa kelas XI SMA Negeri 16 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa pretest dan posttest, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningktan keterampilan argumentasi siswa dengan perolehan nilai rata-rata N-gain dalam kategori sedang. Adapun hasil observasi keterlaksanaan RPP diperoleh nilai rata-dalam kategori sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh nilai rata-rata dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dalam konteks socio scientiffic issues dapat membantu meningkatkan keterampilan argumentasi siswa pada materi termokimia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Articles