Peningkatan keterampilan argumentasi siswa pada materi termokimia dalam konteks socio scientiffic issues melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization
Keywords:
keterampilan argumentasi, kooperatif, socio scientiffic issues, team assisted individualization, termokimiaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi siswa pada materi termokimia dalam konteks socio scientific issues melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah satu kelas yang terdiri dari 29 siswa kelas XI SMA Negeri 16 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa pretest dan posttest, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningktan keterampilan argumentasi siswa dengan perolehan nilai rata-rata N-gain dalam kategori sedang. Adapun hasil observasi keterlaksanaan RPP diperoleh nilai rata-dalam kategori sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh nilai rata-rata dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dalam konteks socio scientiffic issues dapat membantu meningkatkan keterampilan argumentasi siswa pada materi termokimia