Perbedaan hasil belajar pokok bahasan laju reaksi antara siswa yang diajar menggunakan lab real dan lab virtual

  • Siti Nur Indah Sari Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Usman Usman Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: lab real, lab virtual, pendekatan saintifik, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada pokok bahasan laju reaksi antara siswa yang diajar menggunakan lab real dan siswa yang diajar mengunakan lab virtual di SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 104 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA 2 (kelas lab virtual) dan siswa kelas XI MIPA 3 (kelas lab real) yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes (post-test serta ulangan harian) dan non tes (dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas lab real dengan lab virtual berturut-turut adalah 74,09  dan 69,11. Hasil uji t diperoleh thitung (3,58) > ttabel (1,65). Jadi terdapat perbedaan signifikan hasil belajar pokok bahasan laju reaksi anatara siswa yang diajar menggunakan lab real dan siswa yang diajar mengunakan lab virtual di SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-31
Section
Articles