Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) dengan menggunakan media papan flanel terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan hidrokarbon

  • Nur Hidayati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Usman Usman Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: papan flanel, course review horay, hasil belajar, hidrokarbon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) dengan menggunakan media papan flanel terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini dilakukan di SMA N 17 Samarinda pada bulan April – Mei 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 17 Samarinda, dengan sampel adalah kelas X3 dan X4 dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Siswa kelas X3 diajar menggunakan model pembelajaran langsung (kelas kontrol) dan siswa kelas X4 diajar dengan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbantukan media papan flanel (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes, teknik tes dilakukan post-test sebanyak 3 kali dan ulangan harian diakhir bab serta teknik non tes berupa teknik dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,54 > 2,00 pada taraf signifikan 5%. Dapat diketetahui bahwa terdapat pengaruh penggunan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan menggunakan media papan flanel terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan hidrokarbon di SMA Negeri 17 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-31
Section
Articles