Kemampuan kognitif siswa SMA yang diajar dengan model pembelajaran SiMaYang berbantukan media worksheet pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit

  • Mega Carlita Oktariani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Usman Usman Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Abstract

Model pembelajaran Si- Lima Layang – Layang (SiMaYang) merupakan model pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa menggunakan model pembelajaran SiMaYang dengan media worksheet pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA N 16 Samarinda. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMAN 16 Samarinda yang berjumlah 34 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal tes di setiap akhir pertemuan selama dua kali pertemuan dan ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tingkat kemampuan mengingat (C1) siswa sebesar 99, kemampuan mengerti (C2) siswa sebesar 93, kemampuan menerapkan (C3) siswa sebesar 93, kemampuan menganalisis (C4) siswa sebesar 92, kemampuan mengevaluasi (C5) siswa sebesar  85 dan kemampuan mencipta (C6) siswa sebesar 83. Secara keseluruhan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit setelah diajar dengan model pembelajaran SiMaYang dengan media worksheet termasuk dalam kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-31
Section
Articles