Pengaruh model pembelajaran kolaboratif MURDER dengan media teka teki silang terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur

  • Annisa Rahma Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif MURDER dengan media teka teki silang terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan sistem periodik unsur. Penelitian ini menggunakan desain static group comparison dan dilaksanakan di SMA N 4 Samarinda pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4 dengan masing-masing kelas terdapat 35 siswa. Siswa kelas X MIPA 1 diajar menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan siswa kelas X MIPA 4 diajar menggunakan model pembelajaran kolaboratif MURDER berbantukan teka-teki silang. Setelah dilakukan pembelajaran, siswa diberikan post-test dan setelah semua materi disampaikan dilakukan ulangan harian. Data post-test dan ulangan harian digunakan sebagai nilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung secara signifikan (thitung , 5,28  > ttabel, 1,99, α = 0,05) lebih rendah dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kolaboratif MURDER berbantukan teka teki silang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kolaboratif MURDER berbantukan teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA N 4 Samarinda pada pokok bahasan sistem periodik unsur pada tahun ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-31
Section
Articles