Pengaruh model pembelajaran question student have (QSH) terhadap hasil belajar siswa SMK N 20 Samarinda pada materi hidrokarbon

  • Muhammad Aan Martadiawan Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Question Student Have (QSH) terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di SMK Negeri 20 Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun akademik 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-MM (diajar menggunakan model pembelajaran QSH) dan siswa kelas XI-OT (diajar menggunakan model pembelajaran langsung), dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes yaitu post-test dan ulangan harian sedangkan teknik non tes adalah dokumentasi. Data penelitian diuji statistik: normalitas, homogenitas dan perbedaan (pengaruh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI-MM pada materi hidrokarbon secara signifikan berbeda dan lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas XI-OT. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran QSH terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N 20 Samarinda pada pokok bahasan hidrokarbon tahun akademik 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-31
Section
Articles