https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/issue/feed Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru 2024-08-14T10:34:55+00:00 Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru pengabdianprofesiguru@fkip.unmul.ac.id Open Journal Systems <p align="justify"><strong>Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru</strong><span data-preserver-spaces="true"> is a Scientific journal that forum for academics and practitioners to publish the results of community service activities in the field of education. First published in 2024 with a biennial publication period in June and December. For those who are interested, please submit your article via our Open Journals Systems (OJS). For editorial information, Information, and Services, please contact <em><strong>pengabdianprofesiguru@fkip.ac.id</strong></em>. Each published article has&nbsp;</span><strong><span data-preserver-spaces="true">Digital Object Identifier (DOI)&nbsp;</span></strong><span data-preserver-spaces="true">based on the edition and article number.</span></p> https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/article/view/3376 Memaksimalkan Pembelajaran Bahasa Jawa Melalui Game Edukatif: Pelatihan Guru SMP di Yogyakarta 2024-08-14T10:20:47+00:00 Eric Kunto Aribowo erickunto@unwidha.ac.id Krisna Pebryawan erickunto@unwidha.ac.id Luwiyanto Luwiyanto erickunto@unwidha.ac.id <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Pandemi COVID-19 memaksa sekolah berpindah ke pembelajaran daring, menciptakan tantangan dalam menjaga keterlibatan siswa, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Bahasa Jawa tingkat SMP di Yogyakarta dalam merancang dan menerapkan game edukatif sebagai metode pembelajaran inovatif. Melalui workshop daring yang melibatkan MGMP Bahasa Jawa SMP Yogyakarta dan diikuti oleh 45 guru Bahasa Jawa, pengabdian ini mendorong guru untuk mengembangkan dua game edukatif, Flippity dan Educandy. Evaluasi dilakukan berdasarkan keterampilan yang dikembangkan para guru dalam merancang game. Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam integrasi teknologi pendidikan ke dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Keberhasilan ini menandai langkah awal yang signifikan dalam adaptasi metode pembelajaran yang responsif dan menarik di era digital.</p> </div> </div> </div> 2024-06-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/article/view/3428 Sosialisasi Sertifikasi Halal Dalam Upaya Membangun Pemahaman Bisnis Kuliner Halal 2024-08-14T10:33:21+00:00 Puardmi Damayanti puardmi.damayanti@fkip.unmul.ac.id Laili Komariyah puardmi.damayanti@fkip.unmul.ac.id Shelly Efwinda puardmi.damayanti@fkip.unmul.ac.id Nurdiani Afrilia puardmi.damayanti@fkip.unmul.ac.id Akmal Raiky Aryaputra puardmi.damayanti@fkip.unmul.ac.id Muttaqin Muttaqin puardmi.damayanti@fkip.unmul.ac.id <p>Tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya sertifikat halal dan memberikan wawasan dalam membangun bisnis kuliner halal bagi pelaku usaha di sekitar lingkungan kampus Universitas Mulawarman dan masyarakat umum yang berjiwa wirausaha. Metode yang digunakan meliputi beberapa langkah yaitu desain webinar, pemilihan narasumber, pengembangan materi, pelaksanaan dan evaluasi berupa kuisioner, dengan jumlah peserta 78 orang. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi ini bermanfaat di dalam menambah pemahaman mereka. Namun perlu ada langkah-langkah lanjutan untuk memastikan dampak berkelanjutan, seperti: tindak lanjut terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terlibat diharapkan dapat memastikan implementasi panduan praktis Sertifikat Halal di dalam praktik bisnis mereka. Selain itu, perlu adanya upaya yang dilakukan untuk memperluas pemahaman bisnis kuliner halal kepada seluruh masyarakat, terutama konsumen Muslim di sekitar lingkungan kampus. Hal ini mencerminkan bahwa pembangunan ekosistem bisnis kuliner halal tidak hanya bergantung pada tim pengabdi, tetapi melibatkan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk UMKM, pemerintah, lembaga sertifikasi halal, dan konsumen.</p> 2024-06-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/article/view/3541 Sosialisasi Anti Bullying Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Dan Perilaku Baik Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Samarinda 2024-08-14T04:43:42+00:00 Safrulloh Hadi Saleh safrullohhs@gmail.com Makrina Tindangen safrullohhs@gmail.com Abdi Nur Ihsan safrullohhs@gmail.com Agus Basriannor safrullohhs@gmail.com Aisyah Fitriani safrullohhs@gmail.com Danu Nugroho safrullohhs@gmail.com Ellyta Nuriawati safrullohhs@gmail.com Etty Dwi Lestari safrullohhs@gmail.com Fani Alfiana Rosyidah safrullohhs@gmail.com Ria Assen Mayung safrullohhs@gmail.com Rizqi Dwi Ariana safrullohhs@gmail.com Windy Natalia Tandiayu safrullohhs@gmail.com <p>Perilaku bullying dapat terjadi di berbagai lingkungan dengan berbagai pula jenis bullying yang dilakukan. Perilaku bullying verbal dan relasional di lingkungan sekolah sering kali dianggap peserta didik sebagai candaan atau bahkan tidak menyadari bahwa kedua tindakan tersebut adalah bullying. Kesadaran yang lebih baik mengenai bullying, serta sikap dan perilaku anti-bullying yang lebih positif, menjadi tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini kepada para pelajar. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada peserta didik di lingkungan sekolah dengan metode yang digunakan berupa penyampaian materi, diskusi interaktif, dan demonstrasi hasil karya peserta didik. Lingkungan sekolah yang aman dan penuh rasa hormat dapat tercipta ketika peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan ini dan pemahaman mereka tentang perilaku anti-bullying meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1% peserta didik memiliki tingkat pemahaman sangat tinggi, 34% peserta didik memiliki tingkat pemahaman tinggi, 53% peserta didik memiliki tingkat pemahaman sedang, 8% peserta didik memiliki tingkat pemahaman rendah, dan 4% peserta didik memiliki tingkat pemahaman sangat rendah.</p> 2024-06-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/article/view/3595 Pelatihan Pembuatan E-LKPD Liveworksheets Terintegrasi Canva Di SMA Negeri 2 Samarinda 2024-08-14T04:43:42+00:00 Amelia Husnul Mamudah rezawiyandika09@gmail.com Devi Fitriyati rezawiyandika09@gmail.com Ferdy Pratama Putra rezawiyandika09@gmail.com Ghina Faridha rezawiyandika09@gmail.com Irsya Faradisa rezawiyandika09@gmail.com Pretty Novia Sinambela rezawiyandika09@gmail.com Reza Wiyandika rezawiyandika09@gmail.com Selviana Engol rezawiyandika09@gmail.com Sulis Setiawati rezawiyandika09@gmail.com Siti Wahyuni rezawiyandika09@gmail.com <p>Sebagai pendidik, guru harus memiliki kemampuan beradaptasi dan memotivasi peserta didik dengan berbagai metode, termasuk penggunaan LKPD untuk memfasilitasi pemahaman mereka dalam proses pembelajaran. Tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan guru mengenai pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, meningkatkan keterampilan dan kreativitas guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan keterampilan guru dalam membuat LKPD menggunakan aplikasi <em>Liveworksheets </em>dan Canva. Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 23 - 26 April 2024 dengan menggunakan metode Goad. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 10 mahasiswa PPG Prajabatan rumpun MIPA FKIP Universitas Mulawarman di SMA Negeri 2 Samarinda dan diikuti oleh 17 guru dari berbagai bidang mata pelajaran. Kegiatan ini memiliki beberapa kendala namun berdasarkan hasil angket dan wawancara yang telah disebarkan kepada peserta diperoleh tingkat kepuasan peserta mencapai 95,1% dan tingkat pemahaman peserta yang mencapai 88,7%, sehingga kegiatan pelatihan pembuatan E-LKPD <em>Liveworksheets</em> terintegrasi Canva terlaksana dengan baik dan efektif dalam meningkatkan pengetahuan penggunaan teknologi untuk menunjang keterampilan abad 21.</p> 2024-06-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/article/view/3582 Pendampingan Manajemen Referensi Zotero Bagi Guru Dalam Rangka Optimalisasi Penulisan Karya Ilmiah 2024-08-14T10:23:37+00:00 Rusdiana Rusdiana ana_diana183@yahoo.com Auliaul Fitrah Samsuddin auliaulfitrah@unmul.ac.id Ikmawati Ikmawati ikmawati@fkip.unmul.ac.id Zainuddin Untu zainuddinuntu@fkip.unmul.ac.id Tri Widyasari tri6489@gmail.com <p>Salah satu kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh guru adalah menulis dan mempublikasikan karya ilmiah. Kegiatan pendampingan manajemen referensi dalam hal ini Zotero dilakukan untuk menjawab kebutuhan guru dalam hal keterbatatsan pengelolaan kepustakaan dan membuat daftar pustaka. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi guru dalam menggunakan manajemen referensi Zotero. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2023. Mitra pengabdian adalah guru SMPN 2 Sepaku yang berjumlah 24 peserta. Metode pendampingan yang digunakan adalah penyampaian materi dan praktik penggunaan Zotero. Kegiatan pendampingan dilaksanakan selama satu hari. Hasil pengabdian ini adalah guru dapat menggunakan aplikasi Zotero dalam pengelolaan referensi dan dapat membuat daftar pustaka.&nbsp;</p> 2024-06-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/article/view/3580 Melatih Keterampilan Mengolah Pita Bagi Penghuni Rumah Pengasuhan Wiloso Projo Di Gowongan, Yogyakarta 2024-08-14T04:43:42+00:00 Valerius Riko Hernawan paknawanppg@gmail.com Agustinus Edi Prasetya ediprasetya29@gmail.com Chatarina Yovita Ananda Kristi ananda.kristi2@gmail.com Erma Widaningrum ermawidaningrum580@gmail.com Jesinta Amabell Jonathan jesintaamabell@gmail.com Nadhira Audrey Emilia nadhiraaemilia@gmail.com Ignatia Esti Sumarah isumarah@gmail.com <p>Anak-anak membutuhkan kegiatan yang mampu mengembangkan keterampilan yang bernilai ekonomi merupakan dasar dari pengabdian ini. Metode pelaksanaan yang diterapkan adalah metode praktek. Metode ini digunakan agar peserta pelatihan dapat berlatih membuat kerajinan tangan secara langsung dengan menggunakan perlengkapan yang telah disediakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Peserta pelatihan diikuti oleh 18 anak di Rumah Pengasuhan Anak Wiloso Projo. Pertemuan berlangsung selama dua kali pertemuan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk melatih keterampilan mengolah pita dan untuk membiasakan pengerjaan tugas sesuai prosedur yang berlaku selama dua pertemuan. Pelatihan ini dievaluasi menggunakan hasil komentar video pengabdian, <em>pretest</em>, dan<em> postest</em>. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peneliti mampu melatih keterampilan anak-anak dalam mengolah pita sehingga anak-anak mampu membuat gantungan kunci, hiasan dinding, bros, gelang, jepit rambut, dan vas dan bunga hias. Peneliti juga mampu mengajak anak-anak untuk mengikuti kegiatan sesuai prosedur yang diarahkan dalam pembuatan karya selama dua pertemuan dengan menggunakan metode praktek.</p> 2024-06-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/article/view/3647 Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Penyusunan Modul Ajar Di SMPN 6 Balikpapan 2024-08-14T10:34:55+00:00 Abdul Razak abdulrazak.2022@student.uny.ac.id Muhammad Ridho Muttaqien razakabdul180290@gmail.com Toni Toni razakabdul180290@gmail.com <p>Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan penyusunan modul ajar di SMPN 6 Balikpapan. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh seluruh guru SMPN 6 Balikpapan. Metode yang digunakan meliputi presentasi, diskusi kelompok, dan praktek langsung dalam penyusunan modul ajar. Para peserta sangat antusias dan aktif dalam setiap sesi, menunjukkan komitmen yang tinggi untuk meningkatkan keterampilan mereka. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang pembelajaran berdiferensiasi dan kemampuan mereka dalam menyusun modul ajar yang lebih variatif dan sesuai dengan karakteristik siswa. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 6 Balikpapan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar berkat kerjasama yang baik antara tim pelaksana, pihak sekolah, dan para peserta. Diharapkan, pelatihan ini dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan yang lebih personal dan inovatif.</p> 2024-06-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru