Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Penyusunan Modul Ajar Di SMPN 6 Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i1.3647Keywords:
Pelatihan, Pembelajaran Berdiferensiasi, Modul AjarAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan penyusunan modul ajar di SMPN 6 Balikpapan. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh seluruh guru SMPN 6 Balikpapan. Metode yang digunakan meliputi presentasi, diskusi kelompok, dan praktek langsung dalam penyusunan modul ajar. Para peserta sangat antusias dan aktif dalam setiap sesi, menunjukkan komitmen yang tinggi untuk meningkatkan keterampilan mereka. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang pembelajaran berdiferensiasi dan kemampuan mereka dalam menyusun modul ajar yang lebih variatif dan sesuai dengan karakteristik siswa. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 6 Balikpapan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar berkat kerjasama yang baik antara tim pelaksana, pihak sekolah, dan para peserta. Diharapkan, pelatihan ini dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan yang lebih personal dan inovatif.
Downloads
References
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. 8.
Baisuni, M. (2021). Sudah Berapa Kali Terjadi Perubahan Kurikulum di Indonesia? Kejarpena. https://blog.kejarcita.id/sudah-berapa-kali-terjadi-perubahan-kurikulum-di-indonesia/
Dewi, Y. (2022). Apa Itu Kurikulum Merdeka Belajar SMP: Bedanya dengan Kurikulum 13. tirto.id. https://tirto.id/apa-itu-kurikulum-merdeka-belajar-smp-bedanya-dengan-kurikulum-13-guAS
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Juliantika, J., Rohmah, H. N., Putri N, S. R., & Al Munawaroh, S. Z. (2023). Urgensi Penguasaan Penerapan Variasi dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1718–1726. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.810
Lambardo, F. (t.t.). Miskonsepsi, Prinsip Dan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi – Bgp Prov. Sumatera SELATAN. Diambil 1 Juni 2024, dari https://bgpsumsel.kemdikbud.go.id/miskonsepsi-prinsip-dan-strategi-pembelajaran-berdiferensiasi/
LPMPJATIM. (t.t.). Memahami Diferensiasi untuk Memimpin Kelas Berdiferensiasi. BBPMP Jatim. Diambil 1 Juni 2024, dari https://bbpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/memahami-diferensiasi-untuk-memimpin-kelas-berdiferensiasi
Mahdiannur, M. A., Nurita, T., & Rosdiana, L. (2022). Pendampingan Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Untuk Guru Mata Pelajaran Ipa Smp/Sederajat Berorientasi Esd. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4).
Marlina, T. (2022). Urgensi Dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1).
Misbah, Z., Gulikers, J., Widhiarso, W., & Mulder, M. (2022). Exploring connections between teacher interpersonal behaviour, student motivation and competency level in competence-based learning environments. Learning Environments Research, 25(3), 641–661. https://doi.org/10.1007/s10984-021-09395-6
Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021 | Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). (t.t.).
Siagian, B. A., Simbolon, E. G., Bangun, K., Sidabutar, S., & Girsang, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menulis Teks Persuasi Di Kelas Viii Smp Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia. 6(2). https://doi.org/10.31949/diglosia.v6i2.3848
Zuhri, M. S., & Nasir, M. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini: Analysis of Independent Curriculum Based on Differentiated Learning Early Childhood Education Level. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2384