Melatih Keterampilan Mengolah Pita Bagi Penghuni Rumah Pengasuhan Wiloso Projo Di Gowongan, Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i1.3580Keywords:
Keterampilan, Mengolah Pita, Pengasuhan Wiloso ProjoAbstract
Anak-anak membutuhkan kegiatan yang mampu mengembangkan keterampilan yang bernilai ekonomi merupakan dasar dari pengabdian ini. Metode pelaksanaan yang diterapkan adalah metode praktek. Metode ini digunakan agar peserta pelatihan dapat berlatih membuat kerajinan tangan secara langsung dengan menggunakan perlengkapan yang telah disediakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Peserta pelatihan diikuti oleh 18 anak di Rumah Pengasuhan Anak Wiloso Projo. Pertemuan berlangsung selama dua kali pertemuan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk melatih keterampilan mengolah pita dan untuk membiasakan pengerjaan tugas sesuai prosedur yang berlaku selama dua pertemuan. Pelatihan ini dievaluasi menggunakan hasil komentar video pengabdian, pretest, dan postest. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peneliti mampu melatih keterampilan anak-anak dalam mengolah pita sehingga anak-anak mampu membuat gantungan kunci, hiasan dinding, bros, gelang, jepit rambut, dan vas dan bunga hias. Peneliti juga mampu mengajak anak-anak untuk mengikuti kegiatan sesuai prosedur yang diarahkan dalam pembuatan karya selama dua pertemuan dengan menggunakan metode praktek.
Downloads
References
Aulia, S., Nuraeni, N., Rifki, A. M., Imtihanudin, D., & Dewi, R. (2023). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Pada Anak Di KP. Golat Desa Pangkalan Kab. Pandeglang. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(2), 25-30. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i2.468
Bakhtiar, B. (2022). Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 103-112. https://doi.org/10.47498/bidayah.v13i1.1003
Fatoni, N., Imanuddin, R., & Darmawan, A. (2017). Pendayagunaan Sampah Menjadi Produk Kerajinan. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 17(1), 83-96. https://doi.org/10.21580/dms.2017.171.1505
Gipayana, M. (2011). Ragam teknik dan bahan kerajinan tangan sebagai sumber belajar seni budaya dan prakarya sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Pendidikan 26(1), 30-38. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/492458
Haerunisa, D., Taftazani, B. M., & Apsari, N. C. (2015). Pemenuhan kebutuhan dasar anak oleh panti sosial asuhan anak (PSAA). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 69-73. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13258
Hanifah, A. N. U., Haq, C. A., Suranto, S., Susilo, A., Zainuddin, A., & Khoirunnisa, I. (2021). Peningkatan Kreativitas Anak dengan Memanfaatkan Barang Bekas Hiasan Kain Flannel bagi Anak TPA Nurul Yaqin Desa Sugihan. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 144-151. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15714
Hidayati, A. N.. (2021). Peran Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.191
Ibrahim, Putri, D. A. A. P., & Putri, O. R. (2023). Pengaturan Pengelompokan Peserta Didik pada Lembaga Pendidikan Formal. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 192-200. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.957
Iman, A. M., & Ulfi, R. A. (2022). Pengabdian Masyarakat Dengan Meningkatkan Minat Anak-anak Terhadap Pentingnya Pendidikan di Kampung Pondok Manggis, Bojong Gede. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(58), 20-29. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/933
Indarto, I., Santoso, D., & Prawihatmi, C. Y. (2020). Model kewirausahaan strategik pada usaha ekonomi kreatif. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(3), 223-235. http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v13i3.3150
Musa, M. M., & Kamal, R. (2022). Ekstrakulikuler Art Painting dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Pembelajaran Abad 21 di sekolah dasar. Madako Elementary School, 1(2), 118-131. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.59
Nanggala, A., & Suryadi, K. (2021). Analisis Konsep Service Learning dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 16(1), 1-14. https://doi.org/10.20961/pknp.v16i1.56832
Ndiung, S., Nurtati, R., Jenimantris, Y., Eni, B. L., & Mulianti, E. (2022). Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Produk Kreatif Bernilai Ekonomis. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(3), 849-855. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i6
Nidiana, Nida & Sophianty, Dessy. (2023). Buku Ajar Mata Kuliah Inti Projek Kepemimpinan Cetakan II. Direktorat Pendidikan Profesi Guru Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Nurluthfiana, F., Saputra, A. D., Aulia, N. A., Fajrie, N., & Ardiyanti, S. D. (2023). Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Media Kerajinan Kain Flanel Pada Teori Kontruktivism. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 399-408. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.312
Nusanti, I. (2014). Strategi Service Learning Sebuah Kajian untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 251-260. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.142
Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan profesi guru (PPG): Strategi pengembangan profesionalitas guru dan peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA", 9(1), 671-683. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21965
Purwantiningsih, B., & Islam, M. R. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Asuh melalui Handycraft Panti Asuhan Al-Amin Geluran Taman Sidoarjo. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 65-76. https://doi.org/10.52166/engagement.v1i1.8
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108
Sari, A. I. C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Mengolah Kain Flanel Menjadi Barang Bernilai Ekonomis. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 4(3), 281-288. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i3.7431
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597
Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24-33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249
Siwy, V., Puspitasari, C., & Pardede, R. S. M. (2023). Service Learning Siswa Sekolah Tingkat Menengah Pada Panti Asuhan Pondok Taruna Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Journal Community Service Consortium, 3(2), 189-200. https://doi.org/10.37715/consortium.v3i2.4265
Sukmawaty, Y., Anggraini, D., Lestia, A. S., Agustina, N., Khumaida, A., Hanifah, F., ... & Jubaidah, S. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Inovasi Sulam Pita Pita Media Kerajinan Purun dI Kota Banjarbaru. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(11), 3159-3164. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i11.1894