Sosialisasi Anti Bullying Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Dan Perilaku Baik Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i1.3541Keywords:
Sosialisasi, Perilaku, BullyingAbstract
Perilaku bullying dapat terjadi di berbagai lingkungan dengan berbagai pula jenis bullying yang dilakukan. Perilaku bullying verbal dan relasional di lingkungan sekolah sering kali dianggap peserta didik sebagai candaan atau bahkan tidak menyadari bahwa kedua tindakan tersebut adalah bullying. Kesadaran yang lebih baik mengenai bullying, serta sikap dan perilaku anti-bullying yang lebih positif, menjadi tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini kepada para pelajar. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada peserta didik di lingkungan sekolah dengan metode yang digunakan berupa penyampaian materi, diskusi interaktif, dan demonstrasi hasil karya peserta didik. Lingkungan sekolah yang aman dan penuh rasa hormat dapat tercipta ketika peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan ini dan pemahaman mereka tentang perilaku anti-bullying meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1% peserta didik memiliki tingkat pemahaman sangat tinggi, 34% peserta didik memiliki tingkat pemahaman tinggi, 53% peserta didik memiliki tingkat pemahaman sedang, 8% peserta didik memiliki tingkat pemahaman rendah, dan 4% peserta didik memiliki tingkat pemahaman sangat rendah.
Downloads
References
Abdullah, G., & Ilham, A. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 03(1). http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.175-182.2023
Anita, A., & Triasavira, M. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Korban Dan Pelaku Tindak Pidana Praktik Bullying Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Jendela Hukum, 8(2), 87–96. https://doi.org/10.24929/fh.v8i2.1581
Christy, Z. A., Unter, R., & Wibowo, D. H. (2022). “Aku Peserta didik Anti Bullying”: Layanan Psikoedukasi untuk Mencegah Bullying di Sekolah. Jurnal Magistrorum Et Scholarium, 02(3), 430–439.
Dirmawana, S. R., Riski Sovayunanto, Feny Febriyanti, Silva. (2023). Panduan Bimbingan dan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama. Syiah Kuala University Press.
Filosofianita, A., Supriatna, M., & Nadhirah, N. A. (2023). Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Korban Perundungan (Bullying). Jurnal Mahapeserta didik BK An-Nur, 9(3), 92–101.
Fitria, S. (2022). Materi Layanan Bimbingan Kelompok Topik Tugas Untuk Mencegah Perilaku Bullying Dilakang Remaja. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Harefa, T. M., Manik, J. P., Yahaubun, C. H., Gomies, D., Antoni, A., Kesamay, S., Serlaut, Y., & Ritiauw, S. P. (2023). Sosialisasi Pencegahan Bullying Dikalangan Peserta didik. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 33–37. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.33-37
Kasanah, D. S. U., dkk. (2024). Pendidikan Anti Bullying. Pasuruan : Basya Media Utama.
Maharani, D., Hardin, L., & Rahmawati, C. (2022). Sosialisasi Pembinaan Karakter Anti Perundungan Atau Bullying Terhadap Kalangan Remaja Di SMA Negeri 07 Bombana. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Pemetintah, 1(2), 106–114.
Manik, S., Suprayetno, E., Wahyuni, F., Pangaribuan, J. J., & Tampubolon, J. (2021). Sosialiasi Anti Perundungan (Anti Bullying) Pada SMA Advent Laurakit Kaban Jahe. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm
Nuraini, N., & Gunawan, I. M. S. (2021). Penyuluhan Stop Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan yang Terjadi Pada Peserta didik di Sekolah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.36312/linov.v6i2.573
Panggabean, H., Situmeang, D., & Simangunsong, R. (2023). Waspada Tindakan Bullying Dan Dampak Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Unita, 1(1), 9–16.
Prawitasari, N. Y., Sayudi, A., & Nuraeni. (2023). Legal Counseling “Stop Bullying as a Prevention of Student Bullying” at SMAN 1 Cikarang Pusat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(1), 63–72. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i1.2879
Purba, U. A., & Warmi, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. PRISMA, 11(1), 82. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2000
Saraswati, R. (2020). Pencegahan Perundungan/Bullying di Institusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. Jurnal Hukum Politik Dan Kekuasaan, 1(1), 1–15.
Sugma, A. R., & Azhar, P. C. (2020). Sosialisasi Dampak Bullying Terhadap Peserta Didik Mas Al Maksum Stabat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33–40.