Memaksimalkan Pembelajaran Bahasa Jawa Melalui Game Edukatif: Pelatihan Guru SMP di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i1.3376Keywords:
Game Edukatif, Motivasi Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Interaksi Siswa, Teknologi PendidikanAbstract
Pandemi COVID-19 memaksa sekolah berpindah ke pembelajaran daring, menciptakan tantangan dalam menjaga keterlibatan siswa, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Bahasa Jawa tingkat SMP di Yogyakarta dalam merancang dan menerapkan game edukatif sebagai metode pembelajaran inovatif. Melalui workshop daring yang melibatkan MGMP Bahasa Jawa SMP Yogyakarta dan diikuti oleh 45 guru Bahasa Jawa, pengabdian ini mendorong guru untuk mengembangkan dua game edukatif, Flippity dan Educandy. Evaluasi dilakukan berdasarkan keterampilan yang dikembangkan para guru dalam merancang game. Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam integrasi teknologi pendidikan ke dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Keberhasilan ini menandai langkah awal yang signifikan dalam adaptasi metode pembelajaran yang responsif dan menarik di era digital.
Downloads
References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/71356/1/Buku.pdf
Aribowo, E. K. (2018). Digitalisasi Aksara Jawa dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran bagi Musyarawah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMP Kabupaten Klaten. WARTA, 21(1), 59–71. https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.5620
Aribowo, E. K. (2022, Agustus 12). Game & Aktivitas Seru di Flippity untuk Mapel Bahasa Jawa SMP. https://www.erickunto.com/2022/07/game-dan-aktivitas-seru-di-flippity-untuk-mapel-bahasa-jawa-smp.html
Aribowo, E. K., & Purwanto, A. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Memanfaatkan Aplikasi Quizlet, Quizizz, dan Perangkat Lunak EclipseCrossword. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1125–1141. https://doi.org/10.30653/002.202164.1062
Aribowo, E. K., & Setianingtyas, A. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft® Office 365TM bagi Pendidik di Kabupaten Klaten untuk Mewujudkan 21st Century Learning: Sebuah Langkah Awal. Hilirisasi Hasil Penelitian melalui Program Pengabdian Berkelanjutan, 111–118. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/N3F5W
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094
Ellis, C., Lane, M., Hollas, T., & Coyne, J. (2021). Technologies for Teaching in an Online Environment. Issues in Informing Science and Information Technology, 18, 031–039. https://doi.org/10.28945/4798
Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsi, N. F., & Irawati, I. (2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 307–312.
Gerovasiliou, F., & Zafiri, M. (2017). Adapting Board Games to Stimulate Motivation in Vocabulary Learning in Six Year Old Learners—A Case Study. Journal of Studies in Education, 7(3), 1–28. https://doi.org/10.5296/jse.v7i3.11323
Kholfadina, K., & Mayarni. (2022). Penggunaan Educandy dan Dampaknya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 259–265. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.49503
Kumalasari, V. V. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Jawa Menggunakan Google Kelas dan Quizizz pada Siswa SMP Negeri 1 Kayen. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(2), 164–175. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.42488
Kumalawati, R., Murliawan, K. H., Yuliarti, A., Kartika, N. Y., & Noermelani, E. (2021). Utilization of Information Technology for Learning in Covid-19 Disaster Conditions. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 716(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1755-1315/716/1/012001
Mubarok, M. I., & Untari, M. F. A. (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring dalam Muatan Pelajaran Bahasa Jawa Kelas II Siswa SDN 01 Purwoharjo Kabupaten Pemalang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 10–13. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.12031
Pertiwi, N. S., Suryanto, E., & Wijayanti, K. D. (2022). Analisis Motivasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Jawa secara Daring Siswa Kelas VIII. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 6(2), 205–215. https://doi.org/10.20961/sabpbj.v6i2.65619
Puspitasari, F. D. A. (2017). Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Jawa Ragam Krama Siswa SMP Negeri 40 Semarang. Piwulang Jawi: Journal of Javanese Learning and Teaching, 5, 28–33. https://doi.org/10.15294/piwulang%20jawa.v5i1.20509
Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 55–63. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089
Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 471–479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555
Wijayanti, S., Aribowo, E. K., Setyandari, A., Aji, W. N., Pebryawan, K., & Tasari. (2020). Google Suite for Education Training for 21st Century Learning in SMA Negeri 1 Jatinom. PICS-J: Pasundan International of Community Service Journal, 2(2), 58–67. https://doi.org/10.23969/pics.v2i2.3389