https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/issue/feed Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan 2023-10-17T15:18:19+00:00 Prof. Dr. Dwi Nugroho Hidayanto, M.Pd. jimpianunmul@gmail.com Open Journal Systems <p align="justify"><strong>Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan </strong>(e-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1606898231" target="_blank" rel="noopener">2776-3587</a>) is a peer-reviewed and open-access scientific journal that publishes research results in education management and education science and is published electronically twice a year in June and December. This journal published by the Master of Education Management Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman, Indonesia. This journal aims to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts, and theories. The scope of this journal includes: (1) policy in education; (2) management of educational resources; (3) leadership in education; (4) regulation and supervision in education; (5) academic management (curriculum and educational programs); (6) education management information systems; (7) management of educational institutions (schools and colleges); (8) general education science and other relevant studies.</p> <p align="justify"><strong>Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan </strong> accepts submissions of original articles that have not been published elsewhere or considered or processed for publication anywhere and demonstrate no plagiarism. All published articles have been reviewed by peer-reviewers and edited by editors. At least some review partners will review the submitted manuscripts. Manuscript submissions are open throughout the year. Before submission, please ensure that the manuscript is in Indonesian or English, follows the focus and scope author's guidelines, and that your paper is prepared using the journal template. The manuscript's prerequisites, standards, and format are listed in the author's guidelines and templates.</p> <div class="style1" align="justify"><strong>Online Submissions</strong></div> <div class="style1" align="justify">Already have a Username/Password for&nbsp;Jurnal Jusikom?&nbsp;<strong><a href="https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/login" target="_blank" rel="noopener">GO TO LOGIN</a>.</strong></div> <div class="style1" align="justify">Need a username/password?&nbsp;<strong><a href="https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/user/register?source=" target="_blank" rel="noopener">GO TO REGISTRATION</a>.<br>Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.</strong></div> https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/2247 Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X-1 SMAN 4 Banjarmasin 2023-10-01T02:20:44+00:00 Hildayati Hildayati hildayatixxx@gmail.com Annisa Mayasari amayasari1122@gmail.com Nurliani Nurliani nurliani0410@gmail.com <p>Penelitian ini menganalisis implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas X-1 di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini agar mengetahui hasil belajar mata pelajaran ekonomi dari pengimplementasian kurikulum merdeka belajar. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik di kelas X-1. Data yang diperoleh peneliti menggunakan observasi, angket dan dokumentasi dengan hasil belajar kelas X-1 pada mata pelajaran ekonomi. Hasil dalam penelitian ini telah menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas X-1 SMAN 4 Banjamasin ini sudah dapat terjalankan dengan baik terlihat dari tahap awal yang dijalankan sudah berjalan dengan baik selama satu semester walaupun masih dalam proses penyesuaian, dalam praktik nya program yang telah dijalankan seperti ekstrakulikuler, intrakulikuler dan projek penguatan profil pelajar pancasila sudah terjalan dengan baik. Kelebihan kurikulum merdeka belajar yaitu guru dibebaskan dalam mendesain pembelajaran</p> 2023-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/2263 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Alkanol dan Alkoksi Alkana Untuk Kelas XII SMA/MA 2023-10-03T05:20:03+00:00 Sandy Yudha sanyudha97@gmail.com <p>Alkanol dan Alkoksi Alkana merupakan komponen senyawa karbon yang dipelajari pada semester kedua kelas XII SMA/MA. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam materi alkanol dan alkoksi alkana adalah model <em>Problem Based Learning</em>. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD dan menentukan kategori validitasnya. <em>Research </em>and <em>Development (R&amp;D)</em> merupakan jenis penelitian ini karena menggunakan model pengembangan 4-D<em>. </em>Adapun tahap-tahapnya yaitu<em> define</em>, <em>design</em>, <em>develop </em>dan <em>disseminate</em>. Namun, untuk penelitian ini tahapnya dibatasi pada tahap ketiga yaitu pengembangan (<em>Develop)</em>. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi yang diberikan kepada lima validator ahli. Data validitas dari LKPD berbasis PBL dianalisis menggunakan skala <em>formula</em> <em>Aiken V.</em> Hasil analisis menunjukkan bahwa LKPD berbasis <em>Problem Based Learning</em> pada materi alkanol dan alkoksi alkana sangat valid (0,86).</p> 2023-10-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/2285 Optimalisasi Keterampilan Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendekatan Kolaboratif Era Merdeka Belajar 2023-10-03T05:49:55+00:00 Mudatsir Mudatsir mudatsir@unmus.ac.id Lay Riwu riwu@unmus.ac.id Musyahidah Mustakim musyahidah.m@fkmupri.ac.id <p>Supervisi merupakan bagian terpenting dari sistem pendidikan, tingkat efektivitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kualitas supervisi pendidikan yang dilakukan supervisor oleh kepala sekolah dan pengawas pendidikan. Aktivitas supervisi perlu memberikan kesempatan untuk merdeka dalam pengembangan diri dan profesionalismenya. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan sekolah, mengacu pada model penelitian Kemmis dan Taggart yang dirancang dengan proses siklus yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan melakukan refleksi. Tahapan ini terus berlangsung per individu sampai permasalahan dalam menerapkan ketiga keterampilan dasar mengajar tersebut dapat terselesaikan. Hasil analisis data&nbsp; guru dalam menerapkan ketiga keterampilan dasar mengajar yaitu pada siklus I 68,3 dan pada siklus II 86,3. Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata keterampilan guru yaitu 86,3 –68,3 = 17,96. Dengan demikian penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran dan keterampilan mengelola kelas guru di SMP Negeri 2 Merauke, Papua Selatan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan masing-masing keterampilan dari siklus I ke siklus II. Untuk itu diharapkan kepada kepala sekolah dan pengawas sekolah agar membimbing guru melalui kegiatan supervisi klinis.</p> 2023-10-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/2538 Efektivitas Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SMPN 2 Kota Ternate 2023-10-03T06:26:20+00:00 Ramdani Salam ramdani.salam@unkhair.ac.id Pamuti Pamuti mutipamuti0906@gmail.com Nasarudin Nasarudin nasarudin.geousn16@gmail.com <p>Penelitian ini menganalisis implementasi program SRA di SMPN 2 Kota Ternate dan dampaknya pada pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif dengan fokus pada pengumpulan, analisis, dan penyajian informasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi mendukung pemahaman mendalam tentang implementasi dan hasilnya. Implementasi program SRA ini mencakup pembentukan lingkungan inklusif, kualitas pembelajaran yang lebih baik, keterlibatan komunitas, pengelolaan lingkungan berkelanjutan, dan partisipasi yang lebih transparan. Meskipun terdapat kendala seperti pergantian kepemimpinan dan kurangnya partisipasi dalam pelatihan, implementasi telah membawa dampak positif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mengajarkan tanggung jawab terhadap lingkungan. Kesimpulannya, program SRA di SMPN 2 Kota Ternate memberikan dampak positif pada lingkungan sekolah dan pembentukan karakter siswa.</p> 2023-10-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/2272 Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Smarts Apps Creator (SAC) pada Materi Haji dan Umrah 2023-10-03T08:45:27+00:00 Wahyu Rizal Saputra wahyuthecancer@gmail.com Raharjo Raharjo joe.raharjo65@yahoo.co.id Ibnu Hadjar ibnu.kuliah@gmail.com <p>Pendidikan di era Society 5.0 menuntut guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam mendesain pembelajaran berbasis IT yang efektif dan interaktif. Materi ibadah haji dan umrah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu materi yang memiliki tingkat kompleksitas yang cukup tinggi dan bukan termasuk ibadah rutinan seperti shalat, puasa, zakat, dan membaca Al-Qur’an yang sering diamalkan oleh peserta didik di kehidupan sehari-hari. <em>Smart Apps Creator</em> (SAC) merupakan media yang dianggap mampu memaparkan materi haji dan umrah yang semula bersifat abstrak ke dalam bentuk yang lebih konkret dan realistis. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau <em>Research and Development </em>(R&amp;D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yakni model pengembangan yang terdiri dari lima tahapan, di antaranya yaitu <em>Analysis</em> (analisis), <em>Design</em> (desain), <em>Development</em> (pengembangan), <em>Implementation</em> (implementasi) dan <em>Evaluating</em> (evaluasi). Media pembelajaran&nbsp; haji dan umrah berbasis <em>Smart Apps Creator</em> (SAC) dinyatakan sangat baik dan layak digunakan. Hasil persentase angket siswa yang menyukai dan termotivasi dengan aplikasi tersebut mencapai 92 %. Kemudian diperkuat dengan hasil pre-test dan post-test siswa yang semula bernilai 74,43 % kemudian meningkat menjadi 94,67 %. SAC merupakan media pembelajaran multimedia yang inovatif dan interaktif, sehingga siswa diharapkan mampu menumbuhkan pemahaman kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.</p> 2023-10-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/2605 Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Madrasah di Indonesia Pada Era Modern 2023-10-17T15:18:19+00:00 Roma Aristiyanto arisaris811@gmail.com <p>Penelitian ini menggali secara mendalam eksistensi madrasah dalam konteks pendidikan Islam di era kontemporer Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan merujuk pada sumber-sumber primer seperti jurnal ilmiah, penelitian ini menelusuri posisi madrasah dalam hal lulusan, diploma, kurikulum, dan peluang kerja. Hasil penelitian menyoroti bahwa madrasah kini memiliki peran yang setara dengan sekolah umum dalam mencetak lulusan berkualitas dan mempersiapkan mereka untuk dunia kerja. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya madrasah dalam memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat Indonesia yang multikultural, sambil menjaga keberlanjutan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini tidak hanya meningkatkan pemahaman kita tentang madrasah, tetapi juga memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan Islam kontemporer.</p> 2023-10-17T00:00:00+00:00 Copyright (c)