EVALUASI PELAKSANAAN KEBIJAKAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK PADA SMP NEGERI 2 TENGGARONG DENGAN MODEL EVALUASI CIPP

Main Article Content

Sitti Inniyah
Widyatmike Gede Mulawarman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak Pada SMP Negeri 2 Tenggarong Dengan Model Evaluasi CIPP. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode inkuiri naturalistik untuk mengetahui kesenjangan antara sekolah ramah anak dengan yang diterapkan di SMP Negeri 2 Tenggarong. Hasil penelitian adalah (1) Program sekolah ramah anak yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 berdasarkan Surat Keputusan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mencegah kekerasan atau perundungan terhadap anak dan warga sekolah lainnya. (2) Warga sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan orang tua dibekali dengan pelatihan mengenai hak anak dan sekolah ramah anak. (3) Proses pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berperan aktif, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan pembelajaran di kelas menggunakan pendekatan saintifik yang berbasis PAKEM. (4) Sekolah menunjukkan prinsip sekolah ramah anak melalui pembiasaan sikap atau perilaku siswa terhadap warga sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Inniyah, S., & Mulawarman, W. G. (2021). EVALUASI PELAKSANAAN KEBIJAKAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK PADA SMP NEGERI 2 TENGGARONG DENGAN MODEL EVALUASI CIPP. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 39-54. https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i2.852
Section
Articles