Inovasi Edupreneurship dalam Mendukung Keberhasilan Akademik Mahasiswa: Studi Kasus pada Lembaga Akadimiya Pro

Authors

  • Firman Alamsyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Lailatu Rohmah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Jafar Shodiq UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.5087

Keywords:

Akadimiya Pro, edupreneurship, layanan akademik, mahasiswa, studi kasus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model edupreneurship yang diterapkan oleh Akadimiya Pro, sebuah lembaga nonformal berbasis digital yang menyediakan layanan akademik bagi mahasiswa. Fokus utama penelitian adalah menganalisis inovasi layanan, strategi operasional, serta kontribusi lembaga terhadap keberhasilan akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik tematik untuk menggali pola layanan, strategi, serta dampaknya secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akadimiya Pro berhasil mengembangkan model edupreneurship yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa, melalui layanan seperti bimbingan skripsi, olah data, paraphrase, serta publikasi jurnal. Strategi digital yang diterapkan mencakup pemanfaatan WhatsApp untuk komunikasi layanan, serta Instagram dan TikTok untuk promosi dan edukasi akademik berbasis konten pendek. Selain itu, pendekatan personal antara mentor dan peserta turut meningkatkan efektivitas layanan. Akadimiya Pro terbukti memberikan dampak positif terhadap pencapaian akademik mahasiswa, termasuk peningkatan kepercayaan diri, keterampilan akademik, dan efektivitas waktu studi; salah satunya ditunjukkan oleh estimasi 70% peserta yang berhasil menyelesaikan studi tepat waktu. Temuan ini mengindikasikan bahwa edupreneurship dalam bentuk layanan akademik informal berpotensi menjadi alternatif solusi atas keterbatasan pendampingan di lingkungan pendidikan formal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Firman Alamsyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Lailatu Rohmah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Muhammad Jafar Shodiq, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Afifandasari, T., & Subiyantoro, S. (2022). Pengembangan jiwa edupreneurship melalui kepemimpinan yang demokratis di lembaga pendidikan. Jurnal Eduscience, 9(1), 279–287. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2638

Altermatt, E. R. (2019). Academic support from peers as a predictor of academic self-efficacy among college students. Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 21(1), 21–37.

Bowo, A. N. A., Paryanto, P., & Iqbal, M. (2023). Pengaruh media sosial Instagram terhadap gaya hidup mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 21–32. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2249

Creswell, J. W. (2014). Research design qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Jaenudin, R. (2025). Transformasi edupreneurship: Studi empiris program mahasiswa wirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Kewirausahaan, 9(1), 299–310. https://doi.org/10.29408/jpek.v9i1.29883

Jatmoko, D., Widiyatmoko, W., Widiyono, Y., & Rais, M. F. (2024). Analisis pendukung dan penghambat kelulusan tepat waktu mahasiswa rekognisi pembelajaran lampau. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1393–1398. https://doi.org/10.54082/jupin.513

Mugiarto, M. (2023). Pembentukan karakter kewirausahaan siswa SMK melalui implementasi manajemen edupreneurship. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(2), 241–254. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.915

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan Indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Rahma Dewi, Z. (2024). Peran literasi digital dalam implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi dan transformasi di era digital. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i1.2916

Raka, M., Basarah, P., Soesanto, E., & Maharani, N. (2025). Memupuk jiwa kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan untuk generasi Gen Z yang lebih baik. Jurnal Multidisiplin Edukasi, 1.

Saputra, F., Mahaputra, M. R., & Maharani, A. (2023). Pengaruh jiwa kewirausahaan terhadap motivasi dan minat berwirausaha (Literature review). Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta, 1, 42–53. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1

Solanki, A., & Nayyar, A. (2019). Green Internet of Things (G-IoT): ICT technologies, principles, applications, projects, and challenges. In Handbook of research on big data and the IoT (pp. 379–405). IGI Global.

Stam, E. (2015). Entrepreneurial ecosystems and regional policy: A sympathetic critique. European Planning Studies, 23(9), 1759–1769.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Sutrisno, W. (2017). Edupreneurship sebagai pemerkaya kompetensi untuk memperkuat daya saing lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 23–36.

Tamam, B., & Muadin, A. (2019). Implementasi edupreneurship dalam pembentukan karakter sekolah unggul. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.36420/ju.v5i1.3521

Tuzzuhro, F., Nst, K., Hutasuhut, S., & Hasyim. (2023). Pemberdayaan edupreneurship di perguruan tinggi: Mengintegrasikan kreativitas, kewirausahaan, dan pendidikan berbasis inovasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 11(2), 103–110.

Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Utama, A. S., Dewi, S., Wijoyo, H., Haudi, Anggraini, N., & Sapiun, Z. (2021). Edupreneurship. INSAN CENDEKIA MANDIRI.

Yahya, A. (2017). Dinamika lembaga pendidikan tinggi Islam di Indonesia. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(1), 98–117. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.314

Zaiha, F. H. (2016). Identifikasi faktor penghambat mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas akhir di Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Jurnal Griya Cendikia, 10, 1–23.

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Alamsyah, F., Rohmah, L., & Shodiq, M. J. (2025). Inovasi Edupreneurship dalam Mendukung Keberhasilan Akademik Mahasiswa: Studi Kasus pada Lembaga Akadimiya Pro. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 5(1), 121–128. https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.5087

Issue

Section

Articles