Inovasi Edupreneurship dalam Mendukung Keberhasilan Akademik Mahasiswa: Studi Kasus pada Lembaga Akadimiya Pro
DOI:
https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.5087Keywords:
Akadimiya Pro, edupreneurship, layanan akademik, mahasiswa, studi kasusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model edupreneurship yang diterapkan oleh Akadimiya Pro, sebuah lembaga nonformal berbasis digital yang menyediakan layanan akademik bagi mahasiswa. Fokus utama penelitian adalah menganalisis inovasi layanan, strategi operasional, serta kontribusi lembaga terhadap keberhasilan akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik tematik untuk menggali pola layanan, strategi, serta dampaknya secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akadimiya Pro berhasil mengembangkan model edupreneurship yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa, melalui layanan seperti bimbingan skripsi, olah data, paraphrase, serta publikasi jurnal. Strategi digital yang diterapkan mencakup pemanfaatan WhatsApp untuk komunikasi layanan, serta Instagram dan TikTok untuk promosi dan edukasi akademik berbasis konten pendek. Selain itu, pendekatan personal antara mentor dan peserta turut meningkatkan efektivitas layanan. Akadimiya Pro terbukti memberikan dampak positif terhadap pencapaian akademik mahasiswa, termasuk peningkatan kepercayaan diri, keterampilan akademik, dan efektivitas waktu studi; salah satunya ditunjukkan oleh estimasi 70% peserta yang berhasil menyelesaikan studi tepat waktu. Temuan ini mengindikasikan bahwa edupreneurship dalam bentuk layanan akademik informal berpotensi menjadi alternatif solusi atas keterbatasan pendampingan di lingkungan pendidikan formal.
Downloads
References
Afifandasari, T., & Subiyantoro, S. (2022). Pengembangan jiwa edupreneurship melalui kepemimpinan yang demokratis di lembaga pendidikan. Jurnal Eduscience, 9(1), 279–287. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2638
Altermatt, E. R. (2019). Academic support from peers as a predictor of academic self-efficacy among college students. Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 21(1), 21–37.
Bowo, A. N. A., Paryanto, P., & Iqbal, M. (2023). Pengaruh media sosial Instagram terhadap gaya hidup mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 21–32. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2249
Creswell, J. W. (2014). Research design qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Jaenudin, R. (2025). Transformasi edupreneurship: Studi empiris program mahasiswa wirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Kewirausahaan, 9(1), 299–310. https://doi.org/10.29408/jpek.v9i1.29883
Jatmoko, D., Widiyatmoko, W., Widiyono, Y., & Rais, M. F. (2024). Analisis pendukung dan penghambat kelulusan tepat waktu mahasiswa rekognisi pembelajaran lampau. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1393–1398. https://doi.org/10.54082/jupin.513
Mugiarto, M. (2023). Pembentukan karakter kewirausahaan siswa SMK melalui implementasi manajemen edupreneurship. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(2), 241–254. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.915
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan Indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.
Rahma Dewi, Z. (2024). Peran literasi digital dalam implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi dan transformasi di era digital. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i1.2916
Raka, M., Basarah, P., Soesanto, E., & Maharani, N. (2025). Memupuk jiwa kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan untuk generasi Gen Z yang lebih baik. Jurnal Multidisiplin Edukasi, 1.
Saputra, F., Mahaputra, M. R., & Maharani, A. (2023). Pengaruh jiwa kewirausahaan terhadap motivasi dan minat berwirausaha (Literature review). Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta, 1, 42–53. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1
Solanki, A., & Nayyar, A. (2019). Green Internet of Things (G-IoT): ICT technologies, principles, applications, projects, and challenges. In Handbook of research on big data and the IoT (pp. 379–405). IGI Global.
Stam, E. (2015). Entrepreneurial ecosystems and regional policy: A sympathetic critique. European Planning Studies, 23(9), 1759–1769.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Sutrisno, W. (2017). Edupreneurship sebagai pemerkaya kompetensi untuk memperkuat daya saing lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 23–36.
Tamam, B., & Muadin, A. (2019). Implementasi edupreneurship dalam pembentukan karakter sekolah unggul. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.36420/ju.v5i1.3521
Tuzzuhro, F., Nst, K., Hutasuhut, S., & Hasyim. (2023). Pemberdayaan edupreneurship di perguruan tinggi: Mengintegrasikan kreativitas, kewirausahaan, dan pendidikan berbasis inovasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 11(2), 103–110.
Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Utama, A. S., Dewi, S., Wijoyo, H., Haudi, Anggraini, N., & Sapiun, Z. (2021). Edupreneurship. INSAN CENDEKIA MANDIRI.
Yahya, A. (2017). Dinamika lembaga pendidikan tinggi Islam di Indonesia. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(1), 98–117. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.314
Zaiha, F. H. (2016). Identifikasi faktor penghambat mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas akhir di Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Jurnal Griya Cendikia, 10, 1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firman Alamsyah, Lailatu Rohmah, Muhammad Jafar Shodiq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|
|
Every work in Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 DEED Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.










