Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Mendukung Keberlanjutan Pembiayaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Balikpapan

Authors

  • Azizah Ramadhanti SMP Patra Dharma 2 Balikpapan
  • Dinda Ruszayanthi SMA Negeri 1 Penajam Paser Utara
  • Muji Rahayu SD Negeri 006 Waru
  • Widyatmike Gede Mulawarman Universitas Mulawarman
  • Usfandi Haryaka Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4797

Keywords:

Corporate Social Responsibility, pembiayaan pendidikan, keberlanjutan pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam mendukung keberlanjutan pembiayaan pendidikan di SMPN 7 Balikpapan. Tujuan studi ini adalah menganalisis kontribusi program CSR dalam menjaga keberlanjutan pembiayaan pendidikan di tingkat SMP, serta bagaimana peran sektor swasta dapat mengurangi ketergantungan pada dana publik dan mewujudkan sistem pendidikan yang lebih inklusif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara, pengumpulan data, dan observasi bantuan yang telah diterima SMPN 7 Balikpapan selama dua tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Trakindo merupakan perusahaan yang memberikan dukungan sosial. Peran perusahaan ini di bidang pendidikan lebih fokus pada peningkatan mutu guru dan pendidik, serta kualitas siswa dalam persiapan ajang atau perlombaan, termasuk seminar dan kegiatan parenting untuk orang tua. Bentuk kontribusi perusahaan bukan berupa bantuan dana, melainkan peningkatan mutu sekolah melalui berbagai pembinaan dan pelatihan. Oleh karena itu, pelaporan yang dapat disimpan sekolah hanya berupa dokumentasi, karena bantuan semacam ini memberikan dampak jangka panjang bagi sekolah. Adapun pendanaan berupa dana penelitian diberikan melalui Karya Ilmiah Remaja (KIR) untuk persiapan perlombaan tingkat nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Azizah Ramadhanti, SMP Patra Dharma 2 Balikpapan

SMP Patra Dharma 2 Balikpapan, Balikpapan, Indonesia
Email: azizahramadhanti773@gmail.com

Dinda Ruszayanthi, SMA Negeri 1 Penajam Paser Utara

SMA Negeri 1 Penajam Paser Utara, Penajam, Indonesia
Email: dindaruszayanthi42@guru.sma.belajar.id

Muji Rahayu, SD Negeri 006 Waru

SD Negeri 006 Waru, Penajam, Indonesia
Email: nailasyahra@gmail.com

Widyatmike Gede Mulawarman, Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
Email: widyatmike@fkip.unmul.ac.id,

Usfandi Haryaka, Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
Email: usfandi.haryaka@fkip.unmul.ac.id

References

Abidah, S. M., Kurniawati, I., Zharani, A., Panjaitan, N. A., Ardiningrum, Erfiani, A., & Kharismaputraan, A. P. (2024). Cendikia Cendikia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 454–474. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/4674

Aji, H. B., & Azizah, R. K. (2025). Collaborative model in enhancing the effectiveness of educational financing management at MTs Negeri 3 Sleman Yogyakarta. Journal of Practice Learning and Educational Development, 5(1), 171–182. https://doi.org/10.58737/jpled.v5i1.386

Aji, S. R., Tandi, L. P., Mulawarman, W. G., & Akhmad. (2025). Strategi peningkatan mutu pendidikan berkelanjutan melalui manajemen perubahan di SMPN 3 Long Bagun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 7(1). https://journalpedia.com/1/index.php/jpp/article/view/4572

Aslindah, A., & Mulawarman, W. G. (2022). Membangun masa depan melalui manajemen keuangan pendidikan yang efektif. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 2(2), 65–74. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i2.2606

Ayu, D. M., Girindratta, R., Nurfadillah, N., Fariz, F., & Al Mashur, M. (2024). Strategi pengelolaan keuangan sekolah untuk meningkatkan efisiensi sumber daya. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(4), 1596–1603.

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Bowen, H. R. (1953). Social responsibilities of the businessman. Harper & Row.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Carroll, A. B. (1991). The pyramid of Corporate Social Responsibility: Toward the moral management of organizational stakeholders. Business Horizons, 34(4), 39–48.

Carroll, A. B., & Shabana, K. M. (2010). The business case for Corporate Social Responsibility: A review of concepts, research and practice. International Journal of Management Reviews, 12(1), 85–105.

Creswell, J. W. (2022). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.

Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Routledge.

Freeman, R. E. (1984). Strategic management: A stakeholder approach. Pitman.

Fullan, M. (2007). The new meaning of educational change. Teachers College Press.

Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1994). Competing paradigms in qualitative research. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of qualitative research (pp. 105–117). SAGE Publications.

Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2015). The knowledge capital of nations: Education and the economics of growth. MIT Press.

Hasibuan, R. (2014). Pengaruh CSR dalam mendukung akses pendidikan: Studi kasus program beasiswa perusahaan. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 4(3), 215–229.

Hidayat, S., Pratomo, D., Piandani, D. W., & Fitriadi, A. (2025). Manajemen keuangan dalam peningkatan mutu sekolah berbasis rapor pendidikan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 4(2), 239–248. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i2.4334

Hoover-Dempsey, K. V., & Sandler, H. M. (1997). Why do parents become involved in their children's education? Review of Educational Research, 67(1), 3–42.

Huda, S., Maliki, M., Sadali, I., & Murtafiah, N. H. (2022). Analisis model-model manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kualitas lembaga sekolah. Unisan Jurnal, 1(4), 169–178.

Jati, L. S., Susilowati, E., Alim, M., Matori, Z., & Haryaka, U. (2024). Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan dengan menggunakan analisis SWOT di SMP Negeri 3 Sangatta Utara. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(6). https://sejurnal.com/pub/index.php/jpim/article/view/2899

Khan, M., et al. (2019). The role of CSR in educational development: Evidence from multinational corporations. Journal of Corporate Responsibility and Sustainability, 6(1), 22–35.

Kisma, N., & Nurozi, K. (2024). Peran CSR dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Analisis dampak sosial dan ekonomi. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 2(11), 301–315.

Kvale, S., & Brinkmann, S. (2015). InterViews: Learning the craft of qualitative research interviewing (3rd ed.). SAGE Publications.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Malihah, L., Maharani, N., Hidayah, F., Darmawan, D., & Trihantoyo, S. (2024). Analisis sumber dan jenis pembiayaan pendidikan di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 25–39. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3004

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Mukhtar. (2013). Metode penelitian deskriptif kualitatif. PT RajaGrafindo Persada.

Nazairin, A., & Zaitun, Z. (2024). Peran program Corporate Social Responsibility dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (Studi pada perusahaan pertambangan batu bara di Kalimantan Selatan). JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 7(1), 18. https://doi.org/10.35914/jemma.v7i1.2616

Nurozi, K. (2024). Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Analisis dampak sosial dan ekonomi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(11), 301–315. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i11.2994

Nurozi, K., & Sisdianto, E. (2024). Implementasi CSR dan dampaknya terhadap daya saing akademik siswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 2(11), 301–315.

OECD. (2018). The future of education and skills: Education 2030. OECD Publishing.

Papilaya, J. (2022). Manajemen pembiayaan pendidikan. CV. Azka Pustaka.

Porter, M. E., & Kramer, M. R. (2011). Creating shared value. Harvard Business Review, 89(1-2), 62–77.

Sakir, A., & Arni, A. (2023). Implementasi kebijakan pengelolaan dana Corporate Social Responsibility PT Pelindo IV (Persero) pada alokasi bantuan pendidikan. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 3(2), 31–41. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v3i2.403

Sari, R., & Hidayah, N. (2022). Peran partisipasi masyarakat dalam keberhasilan program Corporate Social Responsibility di sektor pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 45–60.

Saugi, W., Rachim AF, A., & Haryaka, U. (2025). Kendala dan dukungan dalam pembiayaan pendidikan mahasiswa Program Studi PIAUD UINSI Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21093/bjie.v5i1.9869

Soebroto, M. I., & Murniarti, E. (2024). Peran Corporate Social Responsibility dalam bidang pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(44), 1042–1060. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.12191

Spradley, J. P. (1980). Participant observation. Holt, Rinehart and Winston.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kualitatif (26th ed.). Alfabeta.

Tanjiah, A., Mukti, S., & Dhiaulhaq, F. (2024). Pengelolaan pembiayaan pendidikan di SLB Darma Putra Kalipucang. Jurnal Pelita Nusantara, 2(2), 195–203. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v2i2.577

Tilaar, H. A. R. (2002). Membenahi pendidikan nasional. Rineka Cipta.

Ventura, J., & Jauregui, K. (2023). Poverty reduction through Corporate Social Responsibility: Case study of Peruvian rural families. Sustainability, 15(2). https://www.mdpi.com/2071-1050/15/2/1256

Wahyuni, D., Susanto, H., & Nuraini, S. (2017). Dampak pembangunan fasilitas pendidikan melalui CSR terhadap peningkatan kualitas belajar. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14(2), 145–162.

Wilda, Y. A., & Sunoko, A. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan SMK NU Banat Kudus. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5. https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i2.135

Yudianto, Y., Barlian, U. C., Defauzi, P., Ahadiat, Rusmana, J., Ardiana, L., Kusmiyati, N., Nurlaela, N., Ramdhani, N., Erawan, R. D. T., Trianugrahwati, D., Alam, R., Haryani, S., Yuniawati, Yuningsih, Y., & Habibi, M. F. (2023). Manajemen pembiayaan pendidikan. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Downloads

Published

2025-06-06

How to Cite

Ramadhanti, A., Ruszayanthi, D., Rahayu, M., Mulawarman, W. G., & Haryaka, U. (2025). Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Mendukung Keberlanjutan Pembiayaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Balikpapan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 5(1), 9–20. https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4797

Issue

Section

Articles