Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Mendukung Keberlanjutan Pembiayaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4797Keywords:
Corporate Social Responsibility, pembiayaan pendidikan, keberlanjutan pendidikanAbstract
Penelitian ini mengkaji peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam mendukung keberlanjutan pembiayaan pendidikan di SMPN 7 Balikpapan. Tujuan studi ini adalah menganalisis kontribusi program CSR dalam menjaga keberlanjutan pembiayaan pendidikan di tingkat SMP, serta bagaimana peran sektor swasta dapat mengurangi ketergantungan pada dana publik dan mewujudkan sistem pendidikan yang lebih inklusif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara, pengumpulan data, dan observasi bantuan yang telah diterima SMPN 7 Balikpapan selama dua tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Trakindo merupakan perusahaan yang memberikan dukungan sosial. Peran perusahaan ini di bidang pendidikan lebih fokus pada peningkatan mutu guru dan pendidik, serta kualitas siswa dalam persiapan ajang atau perlombaan, termasuk seminar dan kegiatan parenting untuk orang tua. Bentuk kontribusi perusahaan bukan berupa bantuan dana, melainkan peningkatan mutu sekolah melalui berbagai pembinaan dan pelatihan. Oleh karena itu, pelaporan yang dapat disimpan sekolah hanya berupa dokumentasi, karena bantuan semacam ini memberikan dampak jangka panjang bagi sekolah. Adapun pendanaan berupa dana penelitian diberikan melalui Karya Ilmiah Remaja (KIR) untuk persiapan perlombaan tingkat nasional.
Downloads
References
Abidah, S. M., Kurniawati, I., Zharani, A., Panjaitan, N. A., Ardiningrum, Erfiani, A., & Kharismaputraan, A. P. (2024). Cendikia Cendikia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 454–474. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/4674
Aji, H. B., & Azizah, R. K. (2025). Collaborative model in enhancing the effectiveness of educational financing management at MTs Negeri 3 Sleman Yogyakarta. Journal of Practice Learning and Educational Development, 5(1), 171–182. https://doi.org/10.58737/jpled.v5i1.386
Aji, S. R., Tandi, L. P., Mulawarman, W. G., & Akhmad. (2025). Strategi peningkatan mutu pendidikan berkelanjutan melalui manajemen perubahan di SMPN 3 Long Bagun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 7(1). https://journalpedia.com/1/index.php/jpp/article/view/4572
Aslindah, A., & Mulawarman, W. G. (2022). Membangun masa depan melalui manajemen keuangan pendidikan yang efektif. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 2(2), 65–74. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i2.2606
Ayu, D. M., Girindratta, R., Nurfadillah, N., Fariz, F., & Al Mashur, M. (2024). Strategi pengelolaan keuangan sekolah untuk meningkatkan efisiensi sumber daya. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(4), 1596–1603.
Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027
Bowen, H. R. (1953). Social responsibilities of the businessman. Harper & Row.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Carroll, A. B. (1991). The pyramid of Corporate Social Responsibility: Toward the moral management of organizational stakeholders. Business Horizons, 34(4), 39–48.
Carroll, A. B., & Shabana, K. M. (2010). The business case for Corporate Social Responsibility: A review of concepts, research and practice. International Journal of Management Reviews, 12(1), 85–105.
Creswell, J. W. (2022). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.
Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Routledge.
Freeman, R. E. (1984). Strategic management: A stakeholder approach. Pitman.
Fullan, M. (2007). The new meaning of educational change. Teachers College Press.
Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1994). Competing paradigms in qualitative research. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of qualitative research (pp. 105–117). SAGE Publications.
Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2015). The knowledge capital of nations: Education and the economics of growth. MIT Press.
Hasibuan, R. (2014). Pengaruh CSR dalam mendukung akses pendidikan: Studi kasus program beasiswa perusahaan. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 4(3), 215–229.
Hidayat, S., Pratomo, D., Piandani, D. W., & Fitriadi, A. (2025). Manajemen keuangan dalam peningkatan mutu sekolah berbasis rapor pendidikan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 4(2), 239–248. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i2.4334
Hoover-Dempsey, K. V., & Sandler, H. M. (1997). Why do parents become involved in their children's education? Review of Educational Research, 67(1), 3–42.
Huda, S., Maliki, M., Sadali, I., & Murtafiah, N. H. (2022). Analisis model-model manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kualitas lembaga sekolah. Unisan Jurnal, 1(4), 169–178.
Jati, L. S., Susilowati, E., Alim, M., Matori, Z., & Haryaka, U. (2024). Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan dengan menggunakan analisis SWOT di SMP Negeri 3 Sangatta Utara. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(6). https://sejurnal.com/pub/index.php/jpim/article/view/2899
Khan, M., et al. (2019). The role of CSR in educational development: Evidence from multinational corporations. Journal of Corporate Responsibility and Sustainability, 6(1), 22–35.
Kisma, N., & Nurozi, K. (2024). Peran CSR dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Analisis dampak sosial dan ekonomi. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 2(11), 301–315.
Kvale, S., & Brinkmann, S. (2015). InterViews: Learning the craft of qualitative research interviewing (3rd ed.). SAGE Publications.
Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
Malihah, L., Maharani, N., Hidayah, F., Darmawan, D., & Trihantoyo, S. (2024). Analisis sumber dan jenis pembiayaan pendidikan di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 25–39. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3004
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
Mukhtar. (2013). Metode penelitian deskriptif kualitatif. PT RajaGrafindo Persada.
Nazairin, A., & Zaitun, Z. (2024). Peran program Corporate Social Responsibility dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (Studi pada perusahaan pertambangan batu bara di Kalimantan Selatan). JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 7(1), 18. https://doi.org/10.35914/jemma.v7i1.2616
Nurozi, K. (2024). Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Analisis dampak sosial dan ekonomi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(11), 301–315. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i11.2994
Nurozi, K., & Sisdianto, E. (2024). Implementasi CSR dan dampaknya terhadap daya saing akademik siswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 2(11), 301–315.
OECD. (2018). The future of education and skills: Education 2030. OECD Publishing.
Papilaya, J. (2022). Manajemen pembiayaan pendidikan. CV. Azka Pustaka.
Porter, M. E., & Kramer, M. R. (2011). Creating shared value. Harvard Business Review, 89(1-2), 62–77.
Sakir, A., & Arni, A. (2023). Implementasi kebijakan pengelolaan dana Corporate Social Responsibility PT Pelindo IV (Persero) pada alokasi bantuan pendidikan. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 3(2), 31–41. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v3i2.403
Sari, R., & Hidayah, N. (2022). Peran partisipasi masyarakat dalam keberhasilan program Corporate Social Responsibility di sektor pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 45–60.
Saugi, W., Rachim AF, A., & Haryaka, U. (2025). Kendala dan dukungan dalam pembiayaan pendidikan mahasiswa Program Studi PIAUD UINSI Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21093/bjie.v5i1.9869
Soebroto, M. I., & Murniarti, E. (2024). Peran Corporate Social Responsibility dalam bidang pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(44), 1042–1060. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.12191
Spradley, J. P. (1980). Participant observation. Holt, Rinehart and Winston.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kualitatif (26th ed.). Alfabeta.
Tanjiah, A., Mukti, S., & Dhiaulhaq, F. (2024). Pengelolaan pembiayaan pendidikan di SLB Darma Putra Kalipucang. Jurnal Pelita Nusantara, 2(2), 195–203. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v2i2.577
Tilaar, H. A. R. (2002). Membenahi pendidikan nasional. Rineka Cipta.
Ventura, J., & Jauregui, K. (2023). Poverty reduction through Corporate Social Responsibility: Case study of Peruvian rural families. Sustainability, 15(2). https://www.mdpi.com/2071-1050/15/2/1256
Wahyuni, D., Susanto, H., & Nuraini, S. (2017). Dampak pembangunan fasilitas pendidikan melalui CSR terhadap peningkatan kualitas belajar. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14(2), 145–162.
Wilda, Y. A., & Sunoko, A. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan SMK NU Banat Kudus. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5. https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i2.135
Yudianto, Y., Barlian, U. C., Defauzi, P., Ahadiat, Rusmana, J., Ardiana, L., Kusmiyati, N., Nurlaela, N., Ramdhani, N., Erawan, R. D. T., Trianugrahwati, D., Alam, R., Haryani, S., Yuniawati, Yuningsih, Y., & Habibi, M. F. (2023). Manajemen pembiayaan pendidikan. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azizah Ramadhanti, Dinda Ruszayanthi, Muji Rahayu, Widyatmike Gede Mulawarman, Usfandi Haryaka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|
|
Every work in Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 DEED Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.










