Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru TK

Authors

  • Wiwin Wiwin Universitas Ahmad Dahlan
  • Achadi Budi Santosa Universitas Ahmad Dahlan
  • Pujiati Suyata Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4623

Keywords:

kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, budaya kerja, kolaboratif dan inklusif

Abstract

Motivasi guru menjadi pendukung kinerja guru agar lebih kreatif, dan inovatif dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif bagi para guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap peran kepemimpinan kepala sekolah khususnya di lingkungan taman kanak-kanak dalam upaya meningkatkan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam, melibatkan kepala sekolah, guru, dan operator sekolah. Wawancara  secara semi-terstruktur dilakukan agar memungkinkan eksplorasi lebih lanjut terhadap jawaban responden. Observasi partisipatif dilakukan di lingkungan sekolah untuk mengamati secara langsung pola interaksi yang terjadi. Validitas data menggunakan member checking dengan mengonfirmasi kembali temuan utama kepada responden guna memastikan interpretasi data sesuai dengan pengalaman mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dengan kepemimpinan yang efektif mampu meningkatkan motivasi kerja guru melalui visi dan misi yang jelas, pemberian dukungan dan penghargaan, serta penciptaan budaya kerja yang kolaboratif dan inklusif. Kepala sekolah juga mendorong pengembangan profesional guru serta memberikan umpan balik yang konstruktif untuk menjaga semangat kerja mereka. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang inspiratif berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi kerja guru dan berdampak positif pada proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wiwin Wiwin, Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: 2308046066@webmail.uad.ac.id

Achadi Budi Santosa, Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: budi.santosa@mp.uad.ac.id

Pujiati Suyata, Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: pujiati.suyata@mp.uad.ac.id

References

Affandi, L. H., Candiasa, I. M., Lede, Y. U., Bayangkari, B., & Prijanto, J. H. (2022). Strategi peningkatan kinerja guru melalui pengembangan kelompok kerja guru (KKG) sebagai komunitas belajar. Jurnal Education And Development, 10(3), 401–407. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/4173/2638

Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun budaya madrasah yang kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/3495

Atmanto, D., Nursetiawati, S., Ambarwati, N. S. S., & Suntari, E. (2021). Pengembangan profesional guru berkelanjutan melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah bidang lingkungan hidup berbasis kompetensi di Jakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1). https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/11824

Bahi, C. M., & Santosa, A. B. (2022). Pengembangan kepemimpinan guru melalui strategi kepala sekolah yang efektif. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/download/3464/2881

Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1997). Qualitative research for education. Allyn & Bacon.

Creswell, J. W., & Miller, D. L. (2000). Determining validity in qualitative inquiry. Theory into Practice, 39(3), 124–130. https://doi.org/10.1207/s15430421tip3903_2

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage Publications.

Elazhari, E., Tampubolon, K., Barham, B., & Parinduri, R. Y. (2021). Pengaruh motivasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Tanjung Balai. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society, 1(1), 1–12. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/article/view/308

Harapan, E. (2017). Visi kepala sekolah sebagai penggerak mutu pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 133–145. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1014

Indriyani, S., & Hasanah, E. (2021). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 20–28. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.571

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69–80. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publications.

Mubarak, R., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 58–66. https://eprints.uad.ac.id/53802/1/2-%20Artikel%20JPMI.pdf

Mubarroq, D. H., & Santosa, A. B. (2021). Peningkatan kinerja sekolah melalui manajemen pengembangan guru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 283–297. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/816

Mulyasa, E. (2015). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi dan implementasi. Remaja Rosdakarya.

Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan transformasional dalam peningkatan mutu pendidikan anak usia dini. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13–24. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.646

Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Workshop dan pelatihan pembelajaran lesson study bagi guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(1), 17–24. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPMK/article/view/653

Puspaningtyas, G., & Ismiyati, I. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi organisasi, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 16 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4666

Rahman, M. A., Santosa, A. B., & Sihotang, H. (2020). The influence of principal’s leadership, teacher performance and internal quality assurance system in improving the quality of education in vocational high school. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 162–175. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/3954

Saldaña, J., & Omasta, M. (2016). Qualitative research: Analyzing life. Sage Publications.

Santosa, A. B. (2022a). Organizational culture as the basis of teacher performance development. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 962–973. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/3019

Santosa, A. B. (2022b). Principal’s leadership strategy in the development of teacher professionalism. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–7. https://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/24562

Santosa, A. B. S. (2022c). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 14–20. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9004

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/30

Strauss, A., & Corbin, J. (1998). Basics of qualitative research: Techniques and procedures for developing grounded theory. Sage Publications.

Wibowo, A. (2022). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 14–20. https://journal.uir.ac.id/index.php/Perspektif/article/download/9004/4191

Yusutria, Y. (2019). Peningkatan mutu pendidikan anak usia dini melalui peningkatan profesionalitas guru. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828

Downloads

Published

2025-06-06

How to Cite

Wiwin, W., Santosa, A. B., & Suyata, P. (2025). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru TK. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 5(1), 21–28. https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4623

Issue

Section

Articles