Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru TK
DOI:
https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4623Keywords:
kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, budaya kerja, kolaboratif dan inklusifAbstract
Motivasi guru menjadi pendukung kinerja guru agar lebih kreatif, dan inovatif dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif bagi para guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap peran kepemimpinan kepala sekolah khususnya di lingkungan taman kanak-kanak dalam upaya meningkatkan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam, melibatkan kepala sekolah, guru, dan operator sekolah. Wawancara secara semi-terstruktur dilakukan agar memungkinkan eksplorasi lebih lanjut terhadap jawaban responden. Observasi partisipatif dilakukan di lingkungan sekolah untuk mengamati secara langsung pola interaksi yang terjadi. Validitas data menggunakan member checking dengan mengonfirmasi kembali temuan utama kepada responden guna memastikan interpretasi data sesuai dengan pengalaman mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dengan kepemimpinan yang efektif mampu meningkatkan motivasi kerja guru melalui visi dan misi yang jelas, pemberian dukungan dan penghargaan, serta penciptaan budaya kerja yang kolaboratif dan inklusif. Kepala sekolah juga mendorong pengembangan profesional guru serta memberikan umpan balik yang konstruktif untuk menjaga semangat kerja mereka. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang inspiratif berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi kerja guru dan berdampak positif pada proses pembelajaran
Downloads
References
Affandi, L. H., Candiasa, I. M., Lede, Y. U., Bayangkari, B., & Prijanto, J. H. (2022). Strategi peningkatan kinerja guru melalui pengembangan kelompok kerja guru (KKG) sebagai komunitas belajar. Jurnal Education And Development, 10(3), 401–407. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/4173/2638
Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun budaya madrasah yang kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/3495
Atmanto, D., Nursetiawati, S., Ambarwati, N. S. S., & Suntari, E. (2021). Pengembangan profesional guru berkelanjutan melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah bidang lingkungan hidup berbasis kompetensi di Jakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1). https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/11824
Bahi, C. M., & Santosa, A. B. (2022). Pengembangan kepemimpinan guru melalui strategi kepala sekolah yang efektif. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/download/3464/2881
Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1997). Qualitative research for education. Allyn & Bacon.
Creswell, J. W., & Miller, D. L. (2000). Determining validity in qualitative inquiry. Theory into Practice, 39(3), 124–130. https://doi.org/10.1207/s15430421tip3903_2
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage Publications.
Elazhari, E., Tampubolon, K., Barham, B., & Parinduri, R. Y. (2021). Pengaruh motivasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Tanjung Balai. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society, 1(1), 1–12. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/article/view/308
Harapan, E. (2017). Visi kepala sekolah sebagai penggerak mutu pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 133–145. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1014
Indriyani, S., & Hasanah, E. (2021). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 20–28. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.571
Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69–80. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publications.
Mubarak, R., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 58–66. https://eprints.uad.ac.id/53802/1/2-%20Artikel%20JPMI.pdf
Mubarroq, D. H., & Santosa, A. B. (2021). Peningkatan kinerja sekolah melalui manajemen pengembangan guru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 283–297. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/816
Mulyasa, E. (2015). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi dan implementasi. Remaja Rosdakarya.
Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan transformasional dalam peningkatan mutu pendidikan anak usia dini. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13–24. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.646
Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Workshop dan pelatihan pembelajaran lesson study bagi guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(1), 17–24. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPMK/article/view/653
Puspaningtyas, G., & Ismiyati, I. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi organisasi, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 16 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4666
Rahman, M. A., Santosa, A. B., & Sihotang, H. (2020). The influence of principal’s leadership, teacher performance and internal quality assurance system in improving the quality of education in vocational high school. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 162–175. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/3954
Saldaña, J., & Omasta, M. (2016). Qualitative research: Analyzing life. Sage Publications.
Santosa, A. B. (2022a). Organizational culture as the basis of teacher performance development. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 962–973. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/3019
Santosa, A. B. (2022b). Principal’s leadership strategy in the development of teacher professionalism. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–7. https://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/24562
Santosa, A. B. S. (2022c). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 14–20. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9004
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/30
Strauss, A., & Corbin, J. (1998). Basics of qualitative research: Techniques and procedures for developing grounded theory. Sage Publications.
Wibowo, A. (2022). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 14–20. https://journal.uir.ac.id/index.php/Perspektif/article/download/9004/4191
Yusutria, Y. (2019). Peningkatan mutu pendidikan anak usia dini melalui peningkatan profesionalitas guru. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wiwin Wiwin, Achadi Budi Santosa, Pujiati Suyata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|
|
Every work in Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 DEED Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.










