Perspektif Mahasiswa Pertukaran Indonesia tentang Kualitas Pengajaran di Universitas Bangkok, Thailand

Main Article Content

Mugirotin Mugirotin
Widyatmike Gede Mulawarman

Abstract

Penelitian ini menggali pandangan mahasiswa pertukaran Indonesia tentang kualitas pengajaran di universitas di Bangkok, Thailand. Pertukaran mahasiswa telah menjadi semakin umum di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman  dan pandangan mahasiswa Indonesia tentang kualtias pengajaran yang mereka alami dan sejauh mana pengalaman mereka sesuai dengan harapan dalam proses pembelajaran di lingkungan akademik internasional yang memiliki banyak perbedaan, baik dari segi budaya maupun sistem pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan penggunaan sumber-sumber seperti literatur penelitian dan karya-karya para ahli pendidikan yang relevan. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan metode observasi, wawancara kepada mahasiswa Indonesia yang berpartisipasi dalam program, dan refleksi diri peneliti  sehingga pengalaman dan pengetahuan peneliti menjadi kontribusi penting dalam penelitian mengenai metode keteladanan  dan wawancara mendalam sebagai metode utama pengumpulan data. Hasil penelitian ini mengungkapkan pandangan dan pengalaman yang beragam di kalangan mahasiswa pertukaran Indonesia. Beberapa mahasiswa menyatakan kepuasan terhadap kualitas pengajaran di universitas-universitas di Bangkok, sementara yang lain menghadapi tantangan terkait bahasa, metode pengajaran, atau interaksi sosial. Penelitian ini juga mengidentifikasi peran penting dukungan dan orientasi yang diberikan oleh universitas tuan rumah dalam membantu mahasiswa pertukaran dalam proses adaptasi mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mugirotin, M., & Mulawarman, W. G. (2024). Perspektif Mahasiswa Pertukaran Indonesia tentang Kualitas Pengajaran di Universitas Bangkok, Thailand. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 209-216. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.3736
Section
Articles