MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP DAMPAK PERNIKAHAN DINI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP SISWA SMA NEGERI 6 BERAU

  • Alfida Djawin Nuha SMA Negeri 6 Berau
Keywords: dampak penikahan dini, layanan bimbingan dan konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan solusi dalam layanan bimbingan konseling bidang pribasi-sosial pada materi dampak pernikahan dini. Layanan bimbingan pribadi sosial adalah salah satu pilihan layanan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling untuk peserta didik dalam membantu menentukan dan mengembangkan dirinya secara optimal, serta mampu bersikap mandiri dalam berfikir terhadap masalah yang dihadapinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dalam upaya pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman siswa terhadap bahaya pernikahan dini meningkat setelah diberikan layanan bimbingan dan konseling. Pembentukan pemahaman siswa terhadap bahaya pernikahan dini semakin bagus jika lebih sering diberikan layanan bimbingan dan konseling secara klasikal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohammad. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Nawawi, H. (2000). Manajemen Strategik organisasi non profit bidang pemerintahan dengan ilustrasi di bidang pendidikan. Gadjah Mada UniversityPress.
Tanzeh, A. (2011). Metodologi penelitian praktis.
Sunaryanto Heri, Widiono S. & Arwani M. Marwan. (2016). Analisis Faktor Penyebab Perkawinan Anak di Bengkulu dalam Perspektif Keluarga dan Masyarakat. Laporan Penelitian Pengabdian Masyarakat. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Bengkulu.
Yayasan Kesehatan Perempuan. (2016). Memangkas Pernikahan Anak: Pengalaman Lapangan di Bondowoso Jawa Timur. Jakarta: Perpustakaan Nasional.
Prabantari Intan. (2016). Faktor penyebab pernikahan dini dan dampaknya dalam mengasuh anak: studi kasus di Desa Ngerdemak kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Diakses tanggal 23 November 2017

Fadlyana, Eddy, and Shinta Larasaty. "Pernikahan usia dini dan permasalahannya." Sari Pediatri 11.2 (2016): 136-41.
Yulianti, Rina. "Dampak yang ditimbulkan akibat perkawinan usia dini." Pamator Journal 3.1 (2010).
Dwinanda, Aditya Risky, Anisa Catur Wijayanti, and Kusuma Estu Werdani. "Hubungan antara pendidikan Ibu dan pengetahuan responden dengan pernikahan usia dini." Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas 10.1 (2017): 76-81.
Emilia, Rafidah Ova, and Budi Wahyuni. "Faktor-faktor yang berhubungan dengan pernikahan usia dini di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah." Berita Kedokteran Masyarakat 25.2 (2007): 51.
Pohan, Nazli Halawani. "Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pernikahan Usia Dini terhadap Remaja Putri." Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan 2.3 (2017): 424-435.
Published
2020-12-31
Section
Articles