KENAKALAN REMAJA DI SMP KRISTEN BOMBANO

  • Periance Saliani SMP Kristen Bombanon
Keywords: konsentrasi belajar, bimbingan klasikal, project based learning

Abstract

Penelitian ini menuliskan tentang penyebab-penyebab dari kenakalan remaja. Tujuan dari penelitian untuk mengurangi tingkat kenakalan remaja serta dapat merumuskan rekomendasi yang tepat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berjenis penelitian studi kasus dengan subjek tunggal. Studi kasus adalah suatu studi yang mendalam tentang individu dan berjangka waktu relatif lama, terus menerus, artinya kasus dialami oleh satu orang. Subjek penelitian ini adalah remaja yang memenuhi kriteria kenakalan remaja. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang, alasan hanya menggunakan 1 orang subjek, yaitu agar dapat melakukan penelitian secara mendalam serta fokus penelitian tidak terbagi oleh subjek lain. Metode penelitian yang diutamakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa penyebab dari kenakalan remaja yaitu kondisi keluarga yang berantakan membuat subjek menjadi remaja yang kurang diperhatikan oleh orang tuanya, status sosio ekonomi keluarga menjadi peyebab kenakalan subjek, pengaruh teman bermain juga berpengaruh terhadap kenakalan remaja, sering keluar rumah pada malam hari,  serta pola pemikiran subjek pada saat dan setelah melakukan kenakalan remaja adalah kepuasan dan kebanggaan baginya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sarwono, J. (2013). Mixed Methods Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset. Elex Media Komputindo.
Sumara, D. S., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan remaja dan penanganannya. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).
Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02).
Surbakti, E. B. (2013). Kenakalan orang tua penyebab kenakalan remaja. Elex Media Komputindo.
Dako, R. T. (2012). Kenakalan remaja. Jurnal Inovasi, 9(02).
Published
2020-12-31
Section
Articles