MENUMBUHKAN MOTIVASI PILIHAN KARIR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 16 SAMARINDA

  • Antung Dian Azhari SMA Negeri 16 Samarinda
Keywords: motivasi, pilihan karir, bimbingan dan konseling

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan solusi dalam layanan bimbingan konseling pada materi pilihan karir. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dalam upaya pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan, motivasi dan menjalin hubungan positif diperlukan guna memotivasi siswa agar lebih aktif dalam mengemukakan pendapatnya untuk menentukan karir di hadapan guru dan teman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Juantika Nurihsan, Achmad. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama. 2009.
Triyono, M. H. (2014). Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra.
Bahrinsyah, F. (2018, February). Career maturity of guidance and counseling students at the Yogyakarta State University. In 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017). Atlantis Press.
Marsudi, S. 2003. Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nawawi, H. (2000). Manajemen Strategik organisasi non profit bidang pemerintahan dengan ilustrasi di bidang pendidikan. Gadjah Mada University Press.
Tanzeh, A. (2011). Metodologi penelitian praktis.
Paraswati, Y. (2016). HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Prodi. Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.
Published
2020-12-31
Section
Articles