MENUMBUHKAN SIKAP SOPAN SANTUN DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI MELALUI LAYANAN KLASIKAL BIMBINGAN DAN KONSELING KELAS XI SMA NEGERI 3 SUKADANA

  • Hesti Pertiwi SMA Negeri 3 Sukadana
Keywords: sopan santun, layanan klasikal, bimbingan dan konseling

Abstract

Sopan santun adalah suatu sikap, tingkah laku atau perbuatan yang dilakukan individu untuk menghormati dan menghargai orang lain di sekitarnya. Tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu: 1) untuk memahami sikap sopan santun, 2) untuk menganalisis pentingnya perilaku sopan santun, 3) Untuk memprediksi dampak tidak berperilaku sopan santun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sukadana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pembinaan etika sopan santun dilakukan melalui tiga cara yaitu metode demonstrasi, ceramah, dan pembelajaran berbasis proyek; 2) kendala yang dihadapi guru adalah karakter siswa yang berbeda dan berubah-ubah karena usia siswa masih labil, 3) upaya yang dilakukan dalam menmgatasi kendala adalah dengan bekerjasama antara pihak sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun, dkk. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ibrahim, Hakki, O. (2011). Curriculum Reform and Teacher Autonomy in Turkey: The Case of The History Teaching., 4 (2). 1694-609X. Diakses melalui https://eric.ed.gov/?id=ED522675 pada tanggal 24 Oktober 2018. Jurnal Internasional.
Kadir, Abdul, Hanun, Asrohah. (2014). Pembelajaran Tematik. Depok: PT. Rajagrafinda Persada.
Rahmawati, Puji, F, dkk. (2014). Implementasi Model Pembelajaran “Berkah Anang” di Kalangan Siswa Pendidikan Dasar Berbudaya Jawa, Vol. 1, No. 2. Jurnal Pendidikan. Diakses melalui https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5225/3.pdf?sequen ce=1&isAllowed=y pada tanggal 14 April 2019.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Rusmini. (2012). Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Siswa. Jurnal Pendidikan. Diakses melalui http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&articl e=96057 pada tanggal 13 April 2019. Jurnal Nasional.
Sri, Jatien, Nandang. ( 2015). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kakater Pada Siswa SD Muhammadiyah Tegalgede Karanganyar. Diakses melalui http://eprints.ums.ac.id/33569/10/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf pada tanggal 13 April 2019.
Published
2020-12-31
Section
Articles