INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 AWANG LAPAI

  • Sri Erliyanti SMA Negeri 1 Awang Lapai
Keywords: interaksi sosial, bimbingan dan konseling

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi siswa di SMA Negeri 1 Awang Lapai. Metode penelitian ini adalah kualitataif dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian terdiri dari guru wali kelas, guru BK, dan siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis  data meliputi pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada dua tipe proses interaksi yang terjadi pada siswa di Kelas XI yaitu siswa yang aktif dalam berinteraksi dan siswa yang pasif. Akibat proses interaksi tersebut diketahui belum ada masalah serius yang ditimbulkan, namum diketahui terdapat masalah dalam penerimaan kepada siswa yang pasif di kelas. Saran terhadap masalah  ini adalah, guru wali kelas agar rutin melakukan kegiatan kelompok diluar pembelajaran, dan guru BK agar memberikan layanan individu kepada siswa yang pasif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arina Fithriyana, Dwi Yuwono Puji Sugiharto, S. 2014. (2012). Jurnal Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling.
HANDAYANI, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar. Formatif : JurnalilmiahPendidikan MIPA. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hurlock, E. (2014). Perkembangan Anak Edisi Keenam Jilid I. Jakarta. In Penerbit Erlangga. https://doi.org/10.1078/0944-2006-00091
Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4473
Deskriptif Komparatif). Ndigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi.
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence.
Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4473
Novalia, & Dayakisni, T. (2013). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying.JurnalIlmiahPsikologiTerapan.
https://doi.org/doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1366
Setiawati, E. (2010). NTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA ANAK HOMESCHOOLING DAN ANAK SEKOLAH REGULER (Study
Deskriptif Komparatif). Ndigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi.
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence.
Sumartono. (2019). Dinamika Perubahan Sosial dalam Teori Konflik. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis.
Suryawati, I. G. A. A. (2010). Model Komunikasi Penanganan Anak Autis. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Wahyuni, I. N. (2020). Komunikasi Keluarga Buruh Perempuan. JRK (Jurnal Riset Komunikasi). https://doi.org/10.31506/jrk.v10i2.6827
Published
2020-06-30
Section
Articles