PENGARUH PAPAN BIMBINGAN TERHADAP PEMAHAMAN MATERI BIMBINGAN KARIER PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 TANJUNG REDEB

  • Rifai Ade Luxman SMP Negeri 3 Tanjung Redeb
Keywords: papan bimbingan, bimbingan karir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh papan bimbingan terhadap pemahaman materi bimbingan karier pada peserta didik. Penelitian ini termasuk Penelitian Eksperimen, dengan bentuk Pre test-Post test Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Tanjung Redeb. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2019 dan berakhir pada tanggal 12 Agustus 2019. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman materi bimbingan karier. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan teknik t-test. Hasil analisis deskriptif diketahui nilai mean pre test dan post test tes pemahaman materi bimbingan karier sebesar 52,56 dan 59,06, nilai mode sebesar 41 dan 41, nilai median sebesar 48,28 dan 59,00, skor nilai minimum sebesar 14 dan 43, skor nilai maksimum 100 dan 100 dengan standar deviasi sebesar 24,246 dan 20,362. Dari distribusi pre test dan post test tes pemahaman materi bimbingan belajar siswa presentasi kategori baik pada hasil pre test sebanyak 18, 1 % setelah mendapat treatment meningkat menjadi 27,2%. Pada presentase kategori cukup baik pada hasil pre test 36,4% setelah mendapat treatment papan bimbingan meningkat menjadi 51,7%. Dan kategori kurang baik pada hasil pre test sebanyak 21,3% turun menjadi 9,0%. Pada kategori tidak baik dari angka 6,1% menurun menjadi 3%. Tapi ternyata pada kategori sangat baik juga mengalami penurunan yang saat sebelum treatment hasil pre test 18,1% menurun menjadi 12,1%. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan papan bimbingan dapat mempengaruhi pemahaman materi bimbingan karier pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Tanjung Redeb.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi dan Ahmad Rohani. (1991). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Arief Sadiman, dkk. (2005). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bimo Walgito. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Andi.
Bahrinsyah, Fathur Rahman (2014) Mendefinisikan Ulang Makna Historis Bimbingan Dan Gerakan Gerakan Gerakan Perubahan Sosial. Dalam: Seminar Nasional Fip Uny, 24 September 2014, Ruang Abdullah Sigit, Fip Uny.
Djumhur dan Muhammad Surya. (1978). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV Ilmu.
Dewa Ketut Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewa Ketut Sukardi dan Desak Nila Kusmawati. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Isna, Hidayat (2014) Bimbingan Layanan Belajar Untuk Siswa Tunagrahita Di Kelas V Sd Negeri 1 Sukosari Jumantono Karanganyar. Tesis S1, Pgsd.
Iqlima Mudmainnah (2012) Pengaruh Media Bimbingan dan Konseling Terhadap Pemahaman Bimbingan Belajar Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Yogyakarta. S1 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Mastur dan Triyono. (2014). Bimbingan Karier. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Pratiwi, Saktyasita Dewi (2013) Hubungan Layanan Bimbingan Belajar Guru Dan Kedisiplinan Belajar Belajar Dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Yang Di Unas Kan Kelas Vi Gugus Panggang Kecamatan Panggang Kabubaten Gunungkidul Semester Ii Tahun 2011/2012. S1 Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Rinda. (2008). Papan Bimbingan?. Diakses dari http: /rindacantik.wordpress.com./ 2008/05/29/papan bimbingan- 2. Pada tanggal 28 September 2011, jam 14.30 WIB
Saring Marsudi. (2003). Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Syamsu Yusuf dan Juntika Nurihsan. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tutun Finfin, Setianti (2015) Persepsi Anak Di Sekitar Pola Asuh Orang Tua Pada Pradiktor Kecerdasan Sosial Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Segugus Sendangadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Tesis S1, Pgsd.
Winkel dan Sri Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Published
2020-06-30
Section
Articles