PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SMP NEGERI 2 SIMPANG HILIR

  • Wahyudin Wahyudin SMP Negeri 2 Simpang Hilir
Keywords: motivasi belajar, bimbingan kelompok

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri  2 Simpang Hilir yang menunjukkan terdapat siswa yang tingkat motivasi belajarnya rendah. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan motivasi belajar siswa ini dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok, untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok, dan untuk mengetahui apakah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu 10 siswa yang terdiri atas 8 siswa bermotivasi belajar rendah dan 2 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, agar terjadi dinamika kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, skala motivasi belajar dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif persentase dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum memperoleh perlakuan berupa bimbingan kelompok, sebesar 44,4% kategori rendah. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, motivasi belajar siswa meningkat menjadi kategori sedang sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa terus meningkat menjadi kategori tinggi dengan perolehan sebesar 74%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, Dede Rahmat dan Aip Badrujaman. 2012. Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media
M, Sardiman A. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mahmud, Hasan. 2012. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Tesis : UNNES.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang.
Setyaningtyas, Hidayah Ratna. 2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Rendah pada Siswa Kelas IX F melalui Konseling Rasional Etimotif di MTs Negeri Lasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi: UNNES.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tadjri, Imam. 2010. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: Widya Karya Semarang.
Uno, Hamzah B. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2007. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Keke T. Aritonang. 2014. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Jurnal Pendidikan. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/35904799/Hal._11-21_Minat_dan_motivasi_belajar-with-cover-page-v2.pdf) diunduh 11/08/2018.
S. Eko Putro Widoyoko, Anita Rinawat. 2012. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. (Jurnal pendidikan. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1563 ) diunduh 11/08/2018.
Aidha, Harners. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP N 1 Ngariboyo (jurnal pendidikan.http://www.scribd.com/doc/156105541 #download(diunduh 05/06/18)
Djahrudin, dan Rini Fatmawati.2006. Penerapan Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Mata Pelajaran IPS (jurnal pendidikan). Vol7, No2 http://jurnal.pdii/lipi.go.id/admin/jurnal/ 1020899110.pdf (diunduh20/05/18)
Tina Aflatin, Sri Mulyanl Martanlah. 1998. Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok ( Jurnal Pendidikan. https://journal.uii.ac.id/Psikologika/article/download/8466/7192 ) diunduh 11/08/2018.
Sigit Sanyata. 2010. Teknik Dan Srategi Konseling Kelompok ( Jurnal Pendidkan: https://journal.uny.ac.id/index.php/paradigma/article/view/5918 ) diunduh 11/08/2018.
Mardia Bin Smith. 2011. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara ( Jurnal Pendidikan: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/35088750/MARDIA_OK ) diunduh 11/08/2018.
S Suprihatin, 2015. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. (Jurnal Pendidikan: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144 ) di unduh 11/08/2018.
Published
2020-06-30
Section
Articles