EFEKTIFITAS SELF-MANAGEMENT PROGRAM DALAM MENGELOLA STRES BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 BANJARMASIN

  • Salawatil Jannah SMA Negeri 2 Banjarmasin
Keywords: self management, stres belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat stres belajar sebelum dan sesudah diberikan konseling dengan teknik self-management program pada siswa kelas akselerasi, serta untuk mengetahui efektivitas teknik konseling ini dalam mengelola stres belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA dan XI MIPA. Sampel  pada penelitian ini diperoleh  melalui kriteria inklusi dengan menggunakan teknik stratified sampling purposive yang berjumlah 10 orang. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan pengujian dari data yang didapatkan thit > ttab (3,71 > 1,86) maka Ho ditolak, yang artinya ada perbedaan tingkat persentasi stres siswa sebelum diberikan konseling dengan menggunakan teknik self-management program dan sesudah diberikan konseling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, Farida. 2008. Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) untuk Mengelola Stres Belajar Siswa di Kota Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Fausiah, Fitri. & Widury, Julianti. 2005. Psikologi Abnormal Klinis Dewasa. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Nanwani, Anju Arjan. 2010. Faktor-faktor Penyebab Stres Akademik Pada Siswa Kelas 5 Sd Jubile. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya. (http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&id=186286&src=a)
Sudirman, Jenderal. 26 Maret 2010. 15 dari 42 Siswa Stres saat UN. Radar Tasikmalaya (http://www.radartasikmalaya.com/index.php/option=com_content&view=article&id=980:15-dari-42-siswa-stres-saat-un).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, Harry. 22 April 2009. Siswa Stres Hadapi Soal Matematika. Kompas.com (http://nasional.kompas.com/read/2009/04/22/21180449/Siswa.Stres.Hadapi.Soal.Matematika).
Takwin, Bagus. 2008. Diri dan Pengelolaannya. Jurnal Psikologi Sosial. Jakarta. Fakultas Psikologis UI Jakarta.
Wisantyo, Nurmalitasari Indah. 2010. Stres pada Siswa SMAN 3 Semarang Ditinjau dari Efiksasi Diri Akademik dan Jenis Kelas. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. (http://eprints.undip.ac.id/10959/1/ringkasan.pdf)
Published
2020-06-30
Section
Articles