EFEKTIFITAS SELF-MANAGEMENT PROGRAM DALAM MENGELOLA STRES BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat stres belajar sebelum dan sesudah diberikan konseling dengan teknik self-management program pada siswa kelas akselerasi, serta untuk mengetahui efektivitas teknik konseling ini dalam mengelola stres belajar siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA dan XI MIPA. Sampel pada penelitian ini diperoleh melalui kriteria inklusi dengan menggunakan teknik stratified sampling purposive yang berjumlah 10 orang. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan pengujian dari data yang didapatkan thit > ttab (3,71 > 1,86) maka Ho ditolak, yang artinya ada perbedaan tingkat persentasi stres siswa sebelum diberikan konseling dengan menggunakan teknik self-management program dan sesudah diberikan konseling.
Downloads
References
Fausiah, Fitri. & Widury, Julianti. 2005. Psikologi Abnormal Klinis Dewasa. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Nanwani, Anju Arjan. 2010. Faktor-faktor Penyebab Stres Akademik Pada Siswa Kelas 5 Sd Jubile. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya. (http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&id=186286&src=a)
Sudirman, Jenderal. 26 Maret 2010. 15 dari 42 Siswa Stres saat UN. Radar Tasikmalaya (http://www.radartasikmalaya.com/index.php/option=com_content&view=article&id=980:15-dari-42-siswa-stres-saat-un).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, Harry. 22 April 2009. Siswa Stres Hadapi Soal Matematika. Kompas.com (http://nasional.kompas.com/read/2009/04/22/21180449/Siswa.Stres.Hadapi.Soal.Matematika).
Takwin, Bagus. 2008. Diri dan Pengelolaannya. Jurnal Psikologi Sosial. Jakarta. Fakultas Psikologis UI Jakarta.
Wisantyo, Nurmalitasari Indah. 2010. Stres pada Siswa SMAN 3 Semarang Ditinjau dari Efiksasi Diri Akademik dan Jenis Kelas. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. (http://eprints.undip.ac.id/10959/1/ringkasan.pdf)
Copyright (c) 2020 Salawatil Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.