BIMBINGAN KELOMPOK MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR SISWA TUNAGRAHITA DAN TUNARUNGU DENGAN PEMBUATAN DRAMA MUSIKAL DI SLB-C NEGERI PEMBINA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

  • RR. Ambar Purwaningtyas SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan
Keywords: bimbingan kelompok, komunikasi siswa, tunagrahita, tunarungu, drama musikal

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan guru BK mengenai komunikasi antar anak tunagrahita dan tunarungu di kelas SMPLB masih sangat kurang. Bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi antar anak tunagrahita dan tunarungu di SMPLB dengan bimbingan kelompok merencanakan proyek drama musikal bersama guru sendratasik, dan guru tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan komunikasi pada anak tunagrahita dan tunarungu setelah proyek drama musikal. Evaluasi yang dilakukan berupa evaluasi proses dan evaluasi hasil dalam pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok. Adapun kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan peningkatan komunikasi antar siswa tunagrahita dan tunarungu setelah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok berupa proyek pembuatan drama musikal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrani. (2017). Strategi Pembinaan Anak Tunarungu dalam Pengembangan Interaksi Sosial. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1403/1/VIVIK%20ANDRIANI.PDF, diakses pada Mei 2019
Awalia. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/17924, diakses pada Mei 2019.
Bintoro, T. (2011). KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK TUNARUNGU. Perspektif Ilmu Pendidikan, 23(XIV), 12 - 40. https://doi.org/10.21009/PIP.231.2
Cahyaningrum. (2014). Pembentukan Kemampuan Kerjasama Pada Anak Tunagrahita Ringan dalam Pembuatan Batako di SLB Mardi Mulyo Bantul. https://eprints.uny.ac.id/44187/1/09103244027_ANITA%20CAHYANINGRUM.pdf, diakses pada Mei 2019
Lelyana. (2017). Interaksi Sosial Antar Anak Tunarungu dan Anak Tunarungu dan Anak Dengar. https://repository.usd.ac.id/8986/1/119114018.pdf, diakses pada Mei 2019
Mudjiyanto. (2018). Pola Komunikasi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Bagian B Kota Jayapura. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/view/220205, diakses pada Mei 2019
Somantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-06-30
Section
Articles