MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM BASED LEARNING SMP NEGERI 1 ASTAMBUL

  • Akhmad Riyadi SMP Negeri 1 Astambul
Keywords: motivasi belajar, bimbingan klasikal, problem based learning

Abstract

Peserta didik hendaknya memiliki kemampuan motivasi belajar yang tinggi sehingga  senantiasa memiliki dorongan dan semangat dalam mengikuti proses belajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Layanan bimbingan klasikal melalui metode problem based learning bertujuan untuk meningkatkan motivasi dalam mengikuti pembelajaran. Partisipan dalam kegiatan ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Astambul dengan jumlah 24 orang. Kegiatan layanan dilakukan melalui tiga tahap yakni tahap awal, tahap inti, dan tahap penutup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ABKIN, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Penataan pendidikan profesional konselor dan layanan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Barbara K. Given. 2007. Brain-Based Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Masni, H. 2015. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Dikdaya.
Nur, Hidayatun. 2020. Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Kuliah Tulisan Arab Melayu Dengan Menggunakan Cara Online. Riau : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Riau. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/download/7697/pdf
Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Winkel.WS 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Published
2020-06-30
Section
Articles