MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA (BERMAIN PERAN) DI SMAN 1 MALIKU

  • Lusihana Lusihana SMA Negeri 1 Maliku
Keywords: perilaku asertif, bimbingan kelompok, sosiodrama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku asertif peserta didik melalui bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama. Perilaku asertif adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepadaorang lain secara jujur dan terbuka dengan tetap menghormati hak pribadi dan orang lain. Peserta didik yang mampu menerapkan perilaku asertif dalam kehidupan sehari-hari akan memiliki ketrampilan sosial yang dibutuhkannya dalam pergaulan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama, yaitu pemberian layanan bimbingan kepada sekelompok individu dengan cara bermain peran guna memecahkan masalah yang dialaminya yaitu kurangnya berperilaku asertif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku asertif siswa Kelas X SMAN 1 Maliku. Melalui sosiodrama, siswa dapat secara langsung merasakan manfaat layanan yaitu dapat mempraktekkan cara berperilaku asertif sehingga keterampilan tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama menunjukkan bahwa sosiodrama tepat digunakan dalam meningkatkan perilaku asertif siswa. Perubahan sikap yang terjadi setelah mengikuti sosiodrama adalah sebagian besar peserta didik mampu menerapkan perilaku asertif dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkungan sosial teman sebayanya, sehingga peserta didik merasakan manfaat dari perubahan tingkah lakunya, misalkan ada perubahan beberapa nilai karena peserta didik dapat mengumpulkan tugas tepat waktu dan dapat belajar dengan cukup, rasa percaya dalam dirinya meningkat, peserta didik lebih peka dalam memahami apa yang diinginkan oleh dirinya sendiri dan apa yang tidak diinginkan oleh dirinya, apa yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan apa yang tidak bermanfaat. Selain itu peserta didik lebih aktif menyuarakan pendapat ketika rapat organisasi, dan mampu untuk berkata tidak apabila tidak setuju dengan hal-hal yang dibicarakan ketika rapat dengan mempertimbangkan perasaan teman sebayanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arliani, Lina. (2014). Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Antar Sebaya Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Nguter Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi: UNS
Corey, Gerald. (2010). Teori dan Praktik Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama
Romlah, Tatik.(2001). Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang
Rujiati. (2014). Perilaku Asertif dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Harmonis. Skripsi. UIN Sunan Kalijogo Yogyakarta
Sari, N. W. 2014. Pengaruh Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa (Jurnal Bimbingan Kelompok), http://jurnal.fkip.unila.ac.id/, diakses 3 April 2018.
Setyowati, P. A. 2014. Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMA Kartika III-I Banyu Biru Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Jurnal Bimbingan Konseling),http://jurnal.uksw.edu, diakses 4 April 2018.
Herman, H. (2017). Pengaruh Latihan Keteramplan Asertif terhadap Pencegahan Perilaku Bullying. Padang: Universitas Andalas.
Keliat, S.A. (2012). Latihan Asertif dalam Mencegah Bulliying pada Remaja. Jakarta : Universitas Indonesia.
Esti, T. & Nursalim, M. (2010). Penerapan Latihan Asertif untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. 11
Hervita, W. (2005). Pengaruh Pelatihan Pengenalan Kepercayaan Diri Mahasiswa. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia (Skripsi).
A’Yuni, Q. (2010). Perbedaan Tingkat Asertivitas Antara Siswa Dari Keluarga Lengkap Dengan Siswa Dari Keluarga Single Parent. Diperoleh dari http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th_detail&id=06410098.
Published
2020-06-30
Section
Articles