OPTIMALISASI KEHADIRAN PESERTA DIDIK KELAS VII MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 4 PONTIANAK

  • Kornelia Tantri Yulia SMP Negeri 4 Pontianak
Keywords: kehadiran peserta didik, bimbingan kelompok, problem solving

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh peserta didik yang sering tidak masuk sekolah dengan tanpa keterangan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik problem solving dalam mengoptimalisasikan kehadiran peserta didik. Sumber penelitian ini dipusatkan pada 8 peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 4 Pontianak yang memiliki jumlah absensi terbanyak di setiap kelas pada jenjang kelas VII. Pengambilan sample dilakukan secara purposive, pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentsi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Dari hasil penelitian didapatkan hasil adanya peningkatan  kehadiran peserta didik dengan menggunakan teknik problem solving dalam bimbingan kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas, 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjamin Mutu Pendidik.
Gantiana, 2016.Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : PT Indeks
Hartinah, Galuh. 2016. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No. 2. Universitas Muria Kudus
Komalasari,Gantina dkk.2014.Teori dan Tehnik Konseling, Jakarta: PT Indeks
Kunandar.2008.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moleong J.Lexi, 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja.
Mugiarso, Heru, dkk. 2004. Bimbingan Dan Konseling. Semarang: UPT MKDK UNNES.
Mulyani, Aida. 2017. Peningkatan Kehadiran Siswa kelas XI Pemasaran 2 Menggunakan Konseling Perorangan Teknik Eklektik. Jurnal Konseling dan Pendidikan Vol. 5 No.3
Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Retong, M. L. 2019. Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok: Studi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Maumere. Gema Wiralodra, 10(2), 331-342.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UPT UNM PRESS.
Sugiyono, 2014.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Sukarmiasih, Ni Wayan. 2017. Penerapan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Mengatasi Siswa Terlambat Hadir Ke Sekolah Pada Siswa Kelas Ix 6 Smpn 2 Banjar . DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan Vol.04 No.3 Edisi Khusus.
Wardhani, Junita. Mudarya, I Nyoman. 2018. Penerapan Teori Konseling Analisis Transaksional Dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Meminimalisir Perilaku Membolos Siswa Kelas Vii D Semester Genap Smp Negeri 4 Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018. DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan vol 5 No3.
Published
2019-12-31
Section
Articles