EFEKTIFITAS KONTRAK PERILAKU (BEHAVIOR CONTRACT) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMAN 1 TAPIN TENGAH
Abstract
Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian kontrak prilaku untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa SMAN 1 TAPIN TENGAH, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 1 TAPIN TENGAH yang berjumlah 20orang. Dalam penelitian ini, metode yang diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melaluia observasi dan wawancara kepada peserta didik ada 3 siklus dalam penelitian ini. Pada siklus pertama tidak menggunakan kontrak prilaku ada 40% siswa yang konsentrasi, Siklus kedua menggunakan kontrak prilaku ada 55 % siswa dan pada siklus ke tida 75 % siswa lebih konsentrasi dalam belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kontrak prilaku efektif digunakan untuk dapat meningkatkan konsentrasi belajar.
Downloads
References
Diana Aprilia, K. S. (2014). PENERAPAN KONSELING KOGNITIF DENGAN TEKNIK PEMBUATAN KONTRAK (CONTINGENCY CONTRACTING) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X TKR1 SMK NEGERI 3 SINGARAJA. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 1.
Fauzan. (2009). Kontrak Perilaku. (online). https://lutfifauzan.wordpress.com/2009/08/09/kontrak-perilaku/.
Mega Aria Monica, R. A. (2016). Efektivitas Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk mengembangkan Tanggung jawab belajar pada peserta didik kelas XI SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 119-132.
Meiyani., I. S. (Juni 2018). TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENGURANGI PERILAKU HYPERAKTIF PADA PESERTA DIDIK LOW VISION. JASSI_anakku Volume 19 Nomor 1, 1.
Moncot. (2019). Hubungan aktivitas belajar dan motivasi dengan hasil belajaar tahfiz Al-Quran ( Studi pada MTS Darul Quran deli serdang). Jurnal ANSIRU PAI Vol.3 No.I, 18-32.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Ni Made Inggit Gita Yunidar, I. K. (2017). Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Efektif Untuk Meningkatkan Self Endurance Pada. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia UNDIKSHA.
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan. PADANG: Universitas Negeri Padang.
Purwanto, A. N. (Mei 2010). EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala PsikologiVol. 12, No. 1, 88-89.
Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
Yuyun Nuriyah Muslih, M. E. (JUBK6(1) 2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Prodi Bimbingan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 34-43.
Copyright (c) 2019 Emma Werdayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.