EFEKTIFITAS KONTRAK PERILAKU (BEHAVIOR CONTRACT) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMAN 1 TAPIN TENGAH

  • Emma Werdayani SMA Negeri 1 Tapin Tengah
Keywords: kontrak perilaku, konsentrasi belajar

Abstract

Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian kontrak prilaku untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa SMAN 1 TAPIN TENGAH, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 1 TAPIN TENGAH yang berjumlah 20orang. Dalam penelitian ini, metode yang diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melaluia observasi dan wawancara kepada peserta didik ada  3 siklus dalam penelitian ini. Pada siklus pertama tidak menggunakan kontrak prilaku ada 40% siswa yang konsentrasi, Siklus kedua menggunakan kontrak prilaku ada 55 % siswa dan pada siklus ke tida 75 % siswa lebih konsentrasi dalam belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kontrak prilaku efektif digunakan untuk  dapat meningkatkan konsentrasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arroyan Muttaqin Nalman, D. S. (Desember 2018 ). Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral ContractUntuk Mengurangi Kebiasaan Membolos Siswa Kelas XISMA Negeri 8 Kota Bengkulu. JURNAL PSIKODIDAKTIKA || VOL:3, NO:2, 31.
Diana Aprilia, K. S. (2014). PENERAPAN KONSELING KOGNITIF DENGAN TEKNIK PEMBUATAN KONTRAK (CONTINGENCY CONTRACTING) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X TKR1 SMK NEGERI 3 SINGARAJA. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 1.
Fauzan. (2009). Kontrak Perilaku. (online). https://lutfifauzan.wordpress.com/2009/08/09/kontrak-perilaku/.
Mega Aria Monica, R. A. (2016). Efektivitas Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk mengembangkan Tanggung jawab belajar pada peserta didik kelas XI SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 119-132.
Meiyani., I. S. (Juni 2018). TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENGURANGI PERILAKU HYPERAKTIF PADA PESERTA DIDIK LOW VISION. JASSI_anakku Volume 19 Nomor 1, 1.
Moncot. (2019). Hubungan aktivitas belajar dan motivasi dengan hasil belajaar tahfiz Al-Quran ( Studi pada MTS Darul Quran deli serdang). Jurnal ANSIRU PAI Vol.3 No.I, 18-32.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Ni Made Inggit Gita Yunidar, I. K. (2017). Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Efektif Untuk Meningkatkan Self Endurance Pada. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia UNDIKSHA.
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan. PADANG: Universitas Negeri Padang.
Purwanto, A. N. (Mei 2010). EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala PsikologiVol. 12, No. 1, 88-89.
Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
Yuyun Nuriyah Muslih, M. E. (JUBK6(1) 2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Prodi Bimbingan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 34-43.
Published
2019-12-31
Section
Articles