UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGURANGI PERNIKAHAN DINI DAN DAMPAKNYA DI SMK ISLAMI AL FATTAH

  • Azmul Auliya SMK Islami Al Fattah
Keywords: pernikahan dini, bimbingan dan konseling

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian  ini adalah mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian pernikahan dini antara lain adalah faktor peran orang tua dalam komunikasi keluarga, pendidikan orang tua, pendidikan responden dan pekerjaan responden. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berhubungan dengan pernikahan dini adalah faktor peran orang tua dalam komunikasi keluarga, pendidikan orang tua dan pendidikan responden. Faktor yang paling dominan terhadap pernikahan dini dalam penelitian ini adalah peran orang tua dalam komunikasi keluarga. Oleh karena itu diharapkan masyarakat khususnya orang tua (keluarga) dapat meningkatkan dukungan dan kepedulian terhadap generasi muda agar menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Kesimpulan hasil penelitian yaitu: (1) faktor faktor penyebab Pernikahan Dini Pada usia Pelajar adalah dari lingkungan sekolah dan tempat tinggal (2) yang berperan penting dalam usaha Mengurangi Pernikahan dini pada usia pelajar adalah Kepala Sekolah, Guru BK, Guru mata pelajaran, Wali Kelas dan orang tua siswa (3) Dampak yang terjadi setelah pernikahan dini yaitu terjadi perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga (4) mengadakan pendekatan kepada siswa untuk bisa memahami kondisi peserta didik yang tidak siap dalam membina rumah tangga. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan bahwa: Hendaknya guru Bimbingan dan Konseling lebih memaksimalkan bimbingan konseling di sekolah agar bisa membantu mengurangi pernikahan dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moleong. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif . PT. Remaja Rosdakarya Offset . Bandung.

Prabantari Intan. (2016). Faktor penyebab pernikahan dini dan dampaknya dalam mengasuh anak: studi kasus di Desa Ngerdemak kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Diakses tanggal 23 November 2017

Fadlyana, Eddy, and Shinta Larasaty. "Pernikahan usia dini dan permasalahannya." Sari Pediatri 11.2 (2016): 136-41.

Yulianti, Rina. "Dampak yang ditimbulkan akibat perkawinan usia dini." Pamator Journal 3.1 (2010).

Dwinanda, Aditya Risky, Anisa Catur Wijayanti, and Kusuma Estu Werdani. "Hubungan antara pendidikan Ibu dan pengetahuan responden dengan pernikahan usia dini." Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas 10.1 (2017): 76-81.

Emilia, Rafidah Ova, and Budi Wahyuni. "Faktor-faktor yang berhubungan dengan pernikahan usia dini di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah." Berita Kedokteran Masyarakat 25.2 (2007): 51.

Pohan, Nazli Halawani. "Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pernikahan Usia Dini terhadap Remaja Putri." Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan 2.3 (2017): 424-435.

Alfa, Fathur Rahman. "pernikahan dini dan perceraian di Indonesia." Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah (JAS) 1.1 (2019): 49-56.

Pratiwi, Bintang Agustina, et al. "Analisis pernikahan usia dini di Kabupaten Bengkulu Tengah tahun 2017." Jurnal Kesmas Asclepius 1.1 (2019): 14-24.

Ahmad, Zulkifli. "Dampak sosial pernikahan usia dini studi kasus di desa Gunung sindur-Bogor." (2011).

Desiyanti, Irne W. "Faktor-faktor yang berhubungan terhadap pernikahan dini pada pasangan usia subur di Kecamatan Mapanget Kota Manado." Jikmu 5.3 (2015).

https://kanalpengetahuan.fk.ugm.ac.id/pencegahan-pernikahan-dini-sebagai-upaya-menurunkan-angka-kematian-ibu/

https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Yudisia/article/download/2160/1788
Published
2019-12-31
Section
Articles