PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT SISWA DI SMPN 2 SENDAWAR
DOI:
https://doi.org/10.30872/ibk.v1i2.635Keywords:
bimbingan konseling, minat, bakat, SendawarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan bakat dan minat siswa di SMPN 2 Sendawar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui editing, koding, klasifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, guru bimbingan dan konseling berperan dalam mengembangkan minat dan bakat siswa SMPN 2 Sendawar melalui layanan kelas besar, layanan pemilihan ekstrakulikuler dan pemberiann angket peminatan.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Ali, M & Asrori, M. Psikologi Remaja. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Falah, N & Wahyuni, S.A. 2015. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Program Pilihan Studi Keterampilan Peserta Didik MAN 1 Magelang. Jurnal Hisbah Vol.12 No. 2.
Murni. M. 2010. Peran Konselor dalam Pengembangan Bakat dan Minat Siswa di SMPN 23 Banjarmasin. Skripsi. UIN Antasari Banjarmasin.
Hurlock, B.E. 1995. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Mappiare, A. 1995. Psikologi Remaja. Surabaya: Putra Al Ma”arif.
Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Falah, N & Wahyuni, S.A. 2015. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Program Pilihan Studi Keterampilan Peserta Didik MAN 1 Magelang. Jurnal Hisbah Vol.12 No. 2.
Murni. M. 2010. Peran Konselor dalam Pengembangan Bakat dan Minat Siswa di SMPN 23 Banjarmasin. Skripsi. UIN Antasari Banjarmasin.
Hurlock, B.E. 1995. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Mappiare, A. 1995. Psikologi Remaja. Surabaya: Putra Al Ma”arif.
Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.