MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DENGAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROJECT BASED LEARNING SMA NEGERI 6 BARABAI

  • Noor Ifansyah SMA Negeri 6 Barabai
Keywords: konsentrasi belajar, bimbingan klasikal, project based learning

Abstract

iswa hendaknya memiliki kemampuan konsentrasi saat proses belajar berlangsung sehinga mampu mengikuti proses belajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.layanan bimbingan klasikal melalui metode project based learning bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran.partisipan dalam kegiatan ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 6 Barabai dengan jumlah 24 orang . Kegiatan layanan dilakukan melalui tiga tahap yakni tahap awal, tahap inti, dan tahap penutup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33
Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332
Maiseptian, F., -, M., & -, Y. (2017). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.30870/jpbk.v2i2.3057
Ikawati, M. P. D. (2015). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa KMS (Kartu Menuju Sejahtera) Menggunakan Konseling Kelompok Bagi Siswa. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 158. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4484
Mindari, T., & Supriyo. (2015). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 65–71.
Izzati, U. A., & Puspitadewi, N. W. S. (2013). Penerapan Relaksasi Atensi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Smk. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(2), 103.
Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hariyanto. 2010. Pengertian Belajar Menurut Ahli. (online). Tersedia http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli/. (diakses: 15 Mei 2016).
Fanny, R. (2009). Brain Gym Tingkatkan Potensi Seseorang. (online).Tersedia:http://kiatsehat.com/2009. (diakses tanggal 18 Mei 2016).
Barbara K. Given. 2007. Brain-Based Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2019-12-31
Section
Articles