PERAN GURU BK DALAM PENYESUAIAN DIRI SISWA DENGAN LINGKUNGAN SEKOLAH BARU DI SMPN 1 KATINGAN TENGAH

  • Chi Asmanasari SMP Negeri 1 Katingan Tengah
Keywords: penyesuaian diri siswa, lingkungan sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru BK dalam penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah baru di SMP Negeri 1 Katingan Tengah. Penelitian ini merupakn penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Katingan Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Milles dan Huberman dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan data ke dalam pola dan membuat kesimpulan dan verifikasi dari hasil tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa guru BK SMP Negeri 1 Katingan Tengah memiliki peran yang penting dalam penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah baru, yaitu dengan membagikan angket kebutuhan peserta didik, membuat program BK, membuat rencana pelaksanaan layanan (RPL), dan memberikan layanan bimbingan konseling berupa layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling individual dan konseling kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ihsanti, E. F., Sunan, K. U., & MI, K. G. K. Bimbingan Kelompok Sebagai Layanan Dalam Membantu Siswa Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan Baru.
Lestari, S., Sugiharto, D. Y. P., & Wibowo, M. E. (2013). Meningkatkan Penyesuain Diri Terhadap Program Keahlian pada Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4).
Rahmawati, L. N. N. (2015). Penanganan konselor terhadap masalah penyesuaian diri siswa SMA Negeri 3 Tuban. Jurnal BK Unesa, 5(1).
Rizqiyah, M. (2017). Peranan Guru Bk Dalam Membantu Penyesuaian Diri Siswa Baru Di Smp It Abu Bakar Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(2).
Rosidah, A. (2016). Bimbingan kelompok melalui teknik problem solving untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa terisolir. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).
Sa’adah, H. (2010). Peran bimbingan pribadi-sosial terhadap penyesuaian diri siswa di Madrasah Aliyah Negeri Babat Lamongan (Doctoral dissertation, IAIN Sunan Ampel Surabaya).
Salmiwati, S. (2017). Peran Bimbingan dan Konseling melalui Layanan Informasi dalam Membantu Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 3(1), 52-65.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketut. (2000). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 3.
Published
2019-12-31
Section
Articles