Implementasi Citra Google Earth Dalam Mengidentifikasi Perubahan Tutupan Lahan di Sub-Das Hilir Buleleng

  • Ida Bagus Arya Yoga Bharata Bharata Manuaba Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Muhammad Rahman Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: land cover, downstream sub-watershed, Image, Google Earth

Abstract

Perubahan tutupan lahan menjadi indikasi kualitas dari DAS khususnya di bagian hilir sehingga upaya pemantauan diperlukan khususnya dengan citra resolusi tinggi. Penelitian ini dilakukan pada Sub-DAS bagian Hilir pada DAS Buleleng. Pemilihan lokasi tersebut adalah karena DAS Buleleng merupakan DAS yang mengalir langsung ke Kota Singaraja, kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Data yang diperoleh akan dijelaskan secara deskriptif dengan melihat pola lahan yang mengalami perubahan dari tahun 2004 dan 2020. Hasil dari penelitian menunjukan yang nampak pada sub-DAS Hilir Buleleng adalah masifnya perubahan selama kurun 2004 – 2020 terkait dari tutupan lahan Tanaman Semusim Lahan Basah (Sawah) menjadi Bangunan Permukiman/ Campuran pada bagian timur lokasi. Selain itu terdapat perubahan khususnya Kebun dan Tanaman Campuran menjadi Bangunan Permukiman/ Campuran dan Bangunan Bukan Permukiman pada bagian barat, utara dan selatan lokasi. Akurasi hasil tafsiran lapangan dari 9 kelas Penutup

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat IPSDH. 2015. “Pemantauan Sumber Daya Hutan Indonesia.” 36.

Martoyo, Edy, Hidayat Mustafa, Achmad Ruclihadiana Tisnasendjaja, and Abdu Malik Setyawan. 2017. “Membandingkan Ketelitian Citra Google Earth Terhadap Hasil Pengukuran Lapangan.” Geoplanart 1(1):21–35.

Pahleviannur, Muhammad Rizal. 2019. “Pemanfaatan Informasi Geospasial Melalui Interpretasi Citra Digital Penginderaan Jauh Untuk Monitoring Perubahan Penggunaan Lahan.” JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi) 4(2):18–26.

Rahman, Muhammad and A. Sediyo Adi Nugraha. 2021. “Normalized Dryness Built-up Index ( NDBI ) Untuk Mendeteksi Perubahan Permukiman Di Kecamatan Buleleng Koreksi Radiometrik Landsat 7 ETM + Dan Landsat 8 OLI Memiliki Proses Koreksi Pertama . Proses Koreksi.” 20(April):46–50.

Septiani, Rosi, I. Putu Ananda Citra, and A. Sediyo Adi Nugraha. 2019. “Perbandingan Metode Supervised Classification Dan Unsupervised Classification Terhadap Penutup Lahan Di Kabupaten Buleleng.” Jurnal Geografi : Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian 16(2):90–96.

US EPA. Introduction to Watershed Ecology. Diakses pada 23/05/2021 http://www.epa.gov/watertrain.

Published
2022-02-10
Section
Articles